Ranah Minang Gelar Festival Lagu Minang di Mega Mall Kota Batam
Oleh : Suci Ramadhani
Selasa | 28-03-2017 | 20:02 WIB
Festival-Lagu-Minang.gif

Pegelaran Ranah Minang di Mega Mall Kota Batam, Selasa (28/3/2017) diselenggarakan untuk mencari artis Minang yang berasal dari Kota Batam.(Foto: Suci Ramadhani)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pegelaran Ranah Minang di Mega Mall Kota Batam, Selasa (28/3/2017) diselenggarakan untuk mencari artis Minang yang berasal dari Kota Batam. Pada kegiatan ini, tak hanya diikuti masyarakat Kota Batam, bahkan dari Medan dan Palembang juga sangat antusias mengikuti setiap seleksi kegiatan tersebut.

Ketua Pelaksana, Rahmat Sagara, menjelaskan bahwa pendaftaran dimulai dari bulan Februari 2017. Dan yang mendaftar sebanyak 50 lebih perserta. Namun peserta tidak hanya dari Kota Batam, ada juga dari Medan dan Palembang, tanpa adanya batasan usia.

"Kemarin sih waktu pendaftaran ada 50 lebih, dan kami melakukan babak penyelisihan. Dan akhir sebanyak 29 terpilih ntuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya," katanya.

Peserta tidak hanya dari Kota Batam, ada juga dari Medan dan Palembang, tanpa adanya batasan usia.(Foto: Suci Ramadhani)

Setelah melakukan babak penyelisihan terhadap 29 orang itu, Event Organizer (EO), Marawa, yang  menggelar festival lagu Minang di Mega Mall ini selanjutnya memilih 10 orang untuk di karantina. Persyaratan hanya menguasai lagu Minang.

"Di sini kami mencari 10 orang dengan juri yang dihadirkan langsung dari artis Padang yakni Upiak Usil, Flow Naziba, Edo Abbas, sebagai tim penilai untuk memilih masuk karantina," paparnya.

Kegiatan EO Maraea ini juga didukung oleh berbagai macam production di antaranya, U_SIL PRODAKSION dan BULAN TUA RECORD yang nantinya melakukan rekaman bagi pemenang nomor satu. Sedangkan hadiah yang diperoleh pemenang Juara I, II, dan III adalah tropi dan uang tunai.

"Nantinya, yang juara satu akan melakukan rekaman di Padang. Itulah hadiah termahal yang kami berikan kepada finalis yang memang benar-benar memahami koreo, vokal, penguasaan saat menyanyikan sebuah lagu, serta penguasaan panggung," pungkasnya.

Juri yang dihadirkan langsung dari artis Padang yakni Upiak Usil, Flow Naziba, Edo Abbas, sebagai tim penilai untuk memilih masuk karantina para peserta (Foto: Suci Ramadhani)

Dalam melakukan masa karentina, 10 peserta akan mendapatkan ilmu yang sangat penting. Di antaranya tentang bagaimana cara berpenampilan yang benar saat di atas panggung, baik dari pakaian, make up serta teknik vokal, sehingga dapat menguasai panggung.

"Semua finalis yang masuk di sepuluh besar akan mendapatkan pengalaman dan ilmu yang bermanfaat agar menjadi penyanyi yang profesional," jelasnya.

Selain itu, kegiatan ini juga memperkenalkan budaya Minang, serta mencari artis Minang yang merantau ke Kota Batam. Untuk pemilihan grandfinal dilakukan pada tanggal 24 April 2017 mendatang serta pengumuman juara I, II, III.

"Kegiatan perdana ini, akan ada lagi kegiatan selanjutnya yakni pencarian artis dengan lagu nusantara, tanpa membatasi usia ataupun orang yang mendaftar, rencananya akhir tahun 2017," pungkasnya.

Editor: Udin