Napi yang Kabur dari Lapas Barelang Masih dalam Pencarian
Oleh : CR14
Minggu | 05-03-2017 | 17:30 WIB
lapas_barelang1.gif

Lapas Barelang Batam (Foto: CR14)

BATAMTODAY.COM, Batam - Zulkifli (33) bin Syahrul, narapidana kasus pencurian yang kabur dari Lapas kelas II A Barelang, Kota Batam, Sabtu (4/3/2017) lalu, hingga saat ini masih dalam pencarian petugas lapas dan kepolisian.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Helmy Santika mengatakan, sejumlah anggota kepolisian sudah bergerak untuk melacak keberadaan Zulkifli, begitu memeriksa beberapa saksi dari pihak lapas terkait kaburnya terpidana 3,5 tahun itu.

"Kita masih periksa beberapa saksi, baik dari lapas maupun dari pihak yang membesuk Zulkifli," ujar Kapolresta Minggu (5/3/2017) siang.

Helmy juga mengatakan, pada saat ini pihak kepolisian belum mengetahui apakah Zulkifli masih di Batam atau sudah keluar Batam, sebab anggotanya masih bekerja untuk melakukan pencarian.

"Kita sudah melakukan penjagaan di sejumlah pintu masuk keluar Batam maupun sejumlah pelabuhan kecil," ujarnya lagi.

Mengenai bagaimana cara Zulkifli melarikan diri, Helmy belum bisa menjelaskan karena masih dalam pemeriksaan saksi-saksi petugas lapas pejagaan pada saat itu. "Kita tunggu dulu perkembanganya nanti akan kita jelaskan," ujarnya.

Kepala Seksi Pembinaaan dan Pendidikan (kasibinadik) Lapas Barelang, Rommy, mengatakan, masih belum menangkap Zulkifli dan masih dalam pencarian. "Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pencarian," ujar Rommy.

Dari informasi yang diperoleh, Zulkifli merupakan tahapan Lapas Barelang yang sudah kesekian kalinya melarikan diri. Diduga kuat, lantaran lengahnya pengawasan dari pihak lapas dan ditambah lagi dengan kemera CCTV yang diduga tidak berfungsi, sehingga pihak lapas dan pihak kepolisian kesulitan untuk mengetahui bagaimana cara Zulkifli melarikan diri.

Diduga Zulkifli melarikan diri dengan cara memanjat salah satu menara sebelah kanan lapas yang pada saat itu tidak ada penjaganya dan ditambah lagi dengan hari hujan deras.

Sementara Kepala Lapas Marlik Subiyanto memilih bungkam saat dikonfirmasi terkait kaburnya Zulkifli yang merupakan napi kasus pencurian itu.

Editor: Surya