Hujan Lebat Tutup Jarak Pandang, 3 Pesawat Tunda Mendarat di Hang Nadim
Oleh : Hadli
Sabtu | 04-03-2017 | 15:50 WIB
Bandara-Hang-Nadim-Batamtoday.jpg

Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan lebat yang mengguyur Kota Batam secara merata sejak pagi hari ini, Sabtu (4/3/2017), membuat jarak pandang di landasan pacu Bandara Hang Nadim Batam terbatas. Akibatnya, 3 pesawat gagal mendarat, karena jarak pandang hanya di bawah 500 meter.

"Ada tiga pesawat yang seharusnya sudah mendarat. Namun pilot memutuskan menunggu cuaca membaik dan memilih berputar-putar di atas Batam," ujar General Manager Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Sabtu (4/3/2017).

Pesawat yang belum bisa mendarat itu adalah Lion Air dari Denpasar dan Surabaya, yang seharusnya mendarat sekitar pukul 10.20 WIB. Lalu Citilink dari Bandara Soekarno Hatta yang seharusnya mendarat pukul 10.30 WIB.

"Pilot tiga pesawat itu masih menunggu cuaca dan jarak pandang membaik," tambah Suwarso.

Setelah kondisi cuaca membaik atau cerah, dua pesawat yang sempat menundat mendarat dengan berputar-putar di atas Batam, akhirnya mendarat dengan selamat.

Untuk Lion Air dari Surabaya mendarat pukul 11.20 Wib, dan Citilink dari Bandara Soekarno Hatta pukul 11.26 Wib. Sementara untuk Lion Air dari Denpasar, Bali, memilih divert atau dialihkan ke Pekanbaru. 

Sebenarnya Bandara Internasional Hang Nadim Batam sudah dilengkapi dengan Instrument Landing System (ILS) untuk membantu pilot mendaratkan pesawat saat cuaca kurang mendukung seperti siang ini.

Selain itu, Bandara Hang Nadim juga memiliki alat pemandu pendaratan tanpa visual tersebut. Kemudian, landasan pacunya juga panjng, yaitu 4,025 kilometer yang memberikan kemudaan dalam pendaratan.

Editor: Dardani