Jumlah Pengaduan Tumpukan Sampah di Batam Menurun Dratis
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 03-03-2017 | 13:50 WIB
Fairuz-batubara1.jpg

Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam, Fairus Batubara. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jumlah pengaduan masyarakat kota Batam dalam penanganan pengangkutan sampah mengalami penurunan yang drastis.

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam, Fairus Batubara mengatakan pengaduan keluhan tumpukan sampah pada Januari mencapai 116 orang. Namun jumlah itu menurun pada Febuari sebanyak 19 pengaduan.

"Januari capai ratusan, tapi Febuari menurun dratis hanya 19 orang yang masuk ke call center kami," ujar Fairus, Jumat (3/3/2017).

Fairus menjelaskan, tingginya pengaduan tumpukan sampah pada Januari disebapkan beberapa faktor. Terutama lantaran banyaknya satuan tugas (satgas) baru yang bertugas, sehingga pekerjaan pengangkutan sampah terbengkalai.

"Karena banyak satgas yang baru dan belum memahami betul dalam pengangkutan sampah, makanya membeludak pengaduan call center kami," ujarnya.

Namun demikian seiringnya waktu, para satgas sudah memahami tata cara pengangkutan serta sudah terbiasa dalam mengakut sampah sesuai sistem yang diterapkan di Dinas Lingkuan Hidup.

Terbukti hingga akhir Febuari hanya 19 pengaduan yang masuk ke DLH. Fairus mengapreasi kinerja satgas di Kecamatan maupun di lingkungan kerjanya. Karena prestasi tersebut harus tetap dipertahankan.

"Walikota juga sudah mengakui permasalahan sampah sudah mulai membaik. Ini harus dipertahankan, agar Batam bisa menjadi kota bersih dari sampah," pungkasnya.

Editor: Yudha