Pembangunan Masjid Agung II Batam Sudah Tahap Pematangan Lahan
Oleh : CR-14
Rabu | 01-03-2017 | 09:02 WIB
masjidagungdibatuaji.jpg

Kegiatan pembangunan Masjid Agung II Batam yang sudah masuk tahap pematangan lahan. (Foto: CR-14)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pembangunan Masjid Agung II senilai Rp284 miliar di RT 03/ RW 03 Kelurahan Tanjunguncang Kecamatan Batuaji Batam sudah dimulai. Saat ini, sudah dalam proses pematangan lahan, Selasa (28/2/2017).

 

Kabag Humas Pemko Batam, Ardi Winata mengatakan, proses pematangan lahan tersebut ditargetkan rampung selama dua bulan kedepan. "Pembangunan rencananya akan dimulai bulan April, sebelum masuk April pematangan harus selesai," ujar Ardi Selasa (28/2/2017).

Masjid Agung II tersebut akan berdiri megah di atas lahan seluas 4,2 Hektare dengan dilengkapi berbagai fasilitas dan bisa menampung sekitar 10 ribu jamaah. Pembangunan Masjid Agung II ini bertujuan agar masyarakat dan pekerja kawasan Tanjunguncang memiliki mesjid yang besar dan bagus seperti mesjid Raya di Batamcenter.

"Ini jawaban Pemko kepada masyarakat supaya masyarakat sekitar dan pekerja memiliki tempat ibadah yang bagus dan dekat. Konsepnya kita akan buat seindah mungkin agar bisa menjadi destinasi wisata rohani," ujarnya Ardi Winata lagi.

Sementara itu, pantauan di lapangan, proses pematangan lahan pada hari pertama ini berjalan lancar tidak ada kendala yang berarti. Tampak juga dua alat berat sedang membersihkan puing-puing bekas rumah yang langsung diawali oleh anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP).

Sebelumnya, lahan tersebut ditempati rumah liar (ruli) sebanyak 60 kepala keluarga dan mereka sudah pindah ke tempat lain setelah mendapat ganti rugi dari pemerintah kota Batam. "Tidak ada masalah, rumah kami memang masuk peta penataan lokasi," ujar salah satu warga di lokasi.

Editor: Dardani