Alamak, Peminat Kursus Welder 1.000, Tapi Kouta Disnaker Cuma 10
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 11-02-2017 | 10:26 WIB
maryulis.jpg

Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Kota Batam, Maryulis. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dari 20 bidang pelatihan kerja yang diselengarakan Pemerintah Kota Batam, melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) secara gratis, ada satu bidang yang sangat diminati oleh pencari kerja (pencaker), yaitu pelatihan welder.

Pelatihan welder atau biasa disebut juru las itu lebih dari seribu formulir yang dikembalkikan masyarakat ke panitia.

"Yang paling banyak diminati itu welder, lebih 1.000 orang yang meminati bidang itu," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Kota Batam, Maryulis kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (10/2/2017).

Melihat kondisi yang ada, tampaknya harapan para pencaker itu harus pupus. Pasalnya, Disnaker Kota Batam hanya memiliki kouta untuk 10 orang dalam mengikuti pelatihan welder. 10 orang yang akan mengikuti pelatihan merupakan orang yang lulus dalam seleksi tertulis yang akan di selenggarakan di kampus Batam Tourism Polytechnic (BTP) Perumahan Tiban Ayu.

Maryulis mengaku, tidak menyangka kouta yang sedikit tersebut sangat diminati oleh masyarakat. Hal ini akan menjadi bahan pertimbangan penambahan kouta dan evaluasi Disnaker untuk pelatihan yang akan datang.

"Saya tidak nyangka sebanyak itu peminatnya, kami akan evalkuasi untuk kedepanya. Mungkin nanti kita akan tambah kouta, tapi itu perlu pertimbangan yang matang," tegasnya.

Sementara itu ia mengahimbau kepada calon peserta pelatihan welder jangan patah semangat meski kouta yang ada hanya 10 orang. Dalam tes calon peserta diharapkan sungguh-sungguh dalam mengikutinya.

"Membludaknya jumlah pelatihan welder salah satu bentuk tenaga pengguran di Batam masih banyak, tapi keahlian sekill tidak dimiliki. Makanya pelatihan ini diserbu ribuan pencaker," pungkasnya.

Editor: Dardani