Hujan Turun, Banjir Pun Sambangi Pelabuhan Telaga Punggur
Oleh : Hadli
Jum'at | 07-10-2016 | 12:45 WIB
banjir-pelabuhan-punggur1.jpg

Karyawan tiketing saat membersihkan gedung pelayanan susai disambangi banjir. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setiap diguyur hujan, Pelabuhan Domestik Telaga Punggur digenangi banjir. Hal itu disebabkan perencanaan pembangunan gedung melalui APBN yang dianggarkan BP Batam tidak matang.

Pantauan di lokasi, Jumat (7/10/2016), luapan air hujan memasuki gedung sementara pelayanan tiketing dan ruang tunggu setinggi mata kaki orang dewasa. Air berlumpur itu berasal dari bukit yang dipotong untuk lahan parkir kendaraan roda empat yang disiapkan BP Batam.

Posisi lahan parkir yang lebih tinggi dari pelabuhan, serta tidak adanya batu miring dan drainase, menyebabkan banjir menyambangi pelabuhan saat hujan.

"Jadi, saat hujan deras air masuk semua ke dalam," kata Kepala Satuan Kerja Pelabuhan Telaga Punggur Sohirnardi, Jumat (7/10/2016).

Ia mengatakan, setiap kali terjadi banjir, pihaknya terpaksa menunggu hujan reda untuk bisa membersihkan. "Tadi sekitar dua jam air sudah surut, petugas langsung turun membersihkan sisa-sisa genangan air dan lumpur," ujarnya.

Kondisi ini akan terjadi sampai pembangunan gedung utama Pelabuhan Domestik Punggur Rampung 100 persen dikerjakan PT Hutama Karya (Persero) dengan anggaran sebesar Rp 64.498.088.000. Sebagai Konsultan Pengawas PT Yodha Karya dengan masa pekerjaan 523 hari kalender terhitung 2015-2016.

Editor: Yudha