Pembunuh Laode Agus Tamin Akhirnya Dibekuk
Oleh : Harun al Rasyid
Senin | 04-07-2016 | 16:22 WIB
pembunuh-agus-tamin.jpg

Tersangka Sa alias Dr, pelaku pembunuhan terhadap Laode Agus Tamin diekspose di Mapolsek Sagulung. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sa alias Dr (25), pelaku pembunuhan terhadap Laode Agus Tamin (26) --warga Sagulung Bahagia, RT 03 RW 08 Nomor 1, Kavling Lama, Kecamatan Sagulung, akhirnya dibekuk aparat Polsek Sagulung. Sa sempat menjadi buronan polisi sejak kejadian memilukan pada Selasa (28/6/2016) lalu.

Kapolsek Sagulung, AKP Chrisman Panjaitan mengatakan, pihaknya menemukan titik terang pelaku pembunuhan, setelah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengumpulkan barang bukti serta pemeriksaan terhadap saksi-saksi. Selanjutnya dilakukan pengembangan dan berakhir pada penangkapan pelaku di bilangan Melcem, Batuampar, Sabtu (2/6/2016) lalu.

"Kita sudah mengetahui keberadaan pelaku pada saat itu. Lalu kita lakukan penangkapan dan sekitar pukul 04.00 dini pelaku kita amankan," kata Chrisman kepada wartawan, Senin (4/7/2016).

Pelaku yang tinggal di pemukiman rumah liar (ruli) belakang kawasan Taman Tunas Regency, Sagulung, ini sempat bersembunyi di berbagai tempat. Pelarian Sa berakhir setelah keberadaannya di Melcem tercium pihak polisi dan dia pun diciduk tanpa perlawanan.

"Setelah dia bunuh, langsung lari pada saat itu juga. Sekarang berkas-berkas akan kita siapkan untuk diproses lebih lanjut," terangnya.

Berikut diamankan barang bukti berupa 1 unit sepeda motor Yamaha Jupiter BP 4689 DR, pakaian yang digunakan pelaku saat itu dan bodi motor yang sudah dilepas. Sementara senjata tajam yang digunakan pelaku sudah dibuang di sekitar wilayah Dapur 12, Sagulung.

"Berdasarkan pengakuan pelaku, pisaunya sudah dibuang. Karena waktu itu dalam keadaan mabuk, dia tak ingat lagi di mana dibuangnya," ujar Chrisman.

Pelaku dikenakan pasal 170 ayat 2 sub ke 3 junto pasal 351 ayat 3 tentang penganiayaan yang mengakibatkan kematian dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

Baca juga: Keluarga Korban Minta Polisi Tangkap Pelaku Penikaman di Taman Tunas Regency

Editor: Dodo