Kondisi Arus Mudik di Batam Aman Terkendali

Kapal Kelud Terakhir Tinggalkan Batam Angkut 2.500 Penumpang
Oleh : Romi Chandra
Senin | 04-07-2016 | 15:46 WIB
penumpang-kelud-batuampar.jpg

Para penumpang KM Kelud tujuan Belawan berdesakan di Pelabuhan Batuampar. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Aktivitas arus mudik di Pelabuhan Batuampar mulai menurun memasuki H-2 Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah. Bahkan penumpang yang akan menaiki Kapal Kelud berdesak-desakan, Senin (4/7/2016).

Data yang didapat, diperkirakan 2.500 penumpang akan berangkat ke Medan dengan jadwal keberangkatan pukul 14.55 WIB tadi. Dibandingkan kemarin, Minggu (3/7/2016) dengan jumlah penumpang sebanyak 3.200 orang, jumlah ini menurun untuk hari ini.

Kapolsek KKP, AKP Wahyu Norman Hidayat, mengatakn, meski jumlah penumpang menurun, namun pihaknya tetap mengawasi agar tidak terjadi tindak kejahatan.

"Hari ini merupakan kapal terakhir yang berangkat menjelang hari raya, dan hanya ada satu kapal yang berangkat dengan tujuan Belawan. Diperkirakan jumlah penumpang mencapai 2500 orang. Ini mengalami penurunan dibanding kemarin," ujar Norman.

Ditambahkan, untuk arus mudik tersebut sejauh ini cukup kondusif. "Kondisi aman terkendali, dan tidak ditemukan adanya tindak kejahatan. Namun penumpang yang berdesakan tidak dapat dihindari. Tadi ada satu orang yang pingsan, namun sudah siuman dan berangkat," lanjutnya.

Untuk arus balik nantinya jelas Norman, akan dimulai pada tanggal 11 Juli. "Arus mudik sudah berakhir hari ini, dan tinggal nanti arus balik yang dilakukan mulai tanggal 11 juli. Kita akan terus melakukan pengamanan dengan maksimal," pungkasnya.

Editor: Dodo