Modus Pemulangan Para TKI Ilegal dari Malaysia

Ditpam BP Batam di Bandara Hang Nadim Terlibat?
Oleh : Hadli
Minggu | 03-07-2016 | 18:15 WIB
tunjuktiket.jpg

Tulisan wajib tunjuk tiket ini tak berlaku bagi para TKI yang diakomodir oleh tekong di bandara internasional Hang Nadim Batam. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Colon penumpang yang memasuki pintu keberangkatan Bandara Internasional Hang Nadim Batam wajib menunjukkan tiket pesawat penerbangannya, tak terkecuali. 

 

Namun ada yang berbeda dalam arus mudik Idul Fitri 1437 Hijriah ini. Perlakuan khusus itu ditunjukkan petugas Ditpam BP Batam yang bertugas di pintu masuk (jalur hijau dan merah) Bandara Internasional Hang Nadim Batam kepada ribuan TKI yang diduga pulang mudik secara ilegal dari Malaysia.

Terakomodir dari tekong di Malaysia-Batam, Indonesia sampai petugas keamanan. Di Bandara, seluruh petugas diam melihat aktivitas penyaluran tersebut. Ribuan TKI yang pulang ke kampung halaman menyambut lebaran seolah menjadi berkah tersediri bagi petugas yang terlibat.

Tiket tidak dilihatkan kepada petugas yang jaga. Lewat begitu saja. Tak tertutup kemungkinan penumpang adalah mereka yang selama ini bekerja tampa dokumen yang sah. Pulang melalui Batam juga melalui jalur laut secara ilegal yang tak terjamin keselamatannya.

Baca Juga: Tekong TKI Ilegal Akomodir Tiket Pesawat

"Tiketnya (TKI) ada sama dia semua. Ya tekong TKI," kata petugas Ditpam BP Batam yang jaga dipintu masuk atau pintu keberangkatan menanggai BATAMTODAY.COM yang mencoba meminta penjelasa siapa "dia" itu, Minggu (3/7/2016) siang.

Seorang pria yang berada di sebelah petugas Ditpam itu pun tidak bisa mengelak. "Iya ada sama saya (tiket para TKI," kata dia sambil pergi meninggalkan ratusan TKI yang tengah diakomodirnya masuk ke Loby utama bandara untuk chek in.

"10 orang ya bang," kata salah seorang pria lagi ditengah antrian para TKI kepada petugs Ditpam itu.

Expand