Mulai Dinihari Penumpang Padati Pelabuhan Demostik Sekupang
Oleh : Irwan Hirzal
Minggu | 03-07-2016 | 08:00 WIB
PDS_pelabuhan.jpg

Penumpang terlihat mulai memadati Pelabuhan Dosmetik Sekupang pagi dinihari (Foto: BATAMTODAY.COM/Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Meskipun hari masih gelap menunjukan pukul 04.00 Wib pagi. Arus kendaraan sudah mulai padat terjadi di Seiharapan menuju Sekupang.

Peluhan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan cepat menuju Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) dalam menyambut arus mudik pada H-3 menjelang lebaran.

Didalam kawasan PDS, puluhan kendaraan roda dua dan empat ternyata parkiran sudah padat. Bahkan kemacetan arus lalulintas mengalami kepadatan hingga mencapai markas Polair Poda Kepri.

"Jam dua pagi calon penumpang sudah berada di sini (pelabuhan-red)," kata tukang parkir Iwan.

Ditenda luar, ruang tunggu penumpang bangku sudah terisi oleh para penumpang. Bahkan diloket agen pembelian tiket juga dikerumuni para calon penumpang, meskipun para petugas pelabuhan belum membuka pintu keberangkatan.

Para penumpang yang sudah tiba sejak pukul 02.00 Wib menunggu jadwal keberangkatan menuju Dumai pukul 05.00 Wib dengan menggunakan tiga kapa fery.

"Ada tiga kapal yang akan kita berangkatkan. Para penumpang sudah diperbolehkan masuk ke ruang tunggu utama dan dermaga pukul 04.30 Wib. Kapal akan diberangkatkan ketika cuaca sudah mulai terang," kata Kepala Pos Syhbandar PDS Komaruddin .

Dalam keberangkatan pertama arus mudik di H-3 jelang lebaran ada tiga kapal dengan tujuan Dumai-Balai, Selatpanjang, dan Bengkalis dengan menggunakan kapal Dumai Line 5, Dumai Express 19 dan Batam Jet.

"Kalau sudah terang cuaca baru kita akan berangkatkan sekitar pukul 06.00 Wib. Kalau kita berangkatkan cuaca masih gelap sangat rawan," pungkasnya.

Editor: Surya