Pelni Batam Prediksi Jumlah Pemudik Alami Penurunan, Ini Penyebabnya....
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 14-06-2016 | 16:12 WIB
pelni-batam-dahlan.jpg

Manajer Operasional Pelni Cabang Batam, Dahlan Mustofa.

BATAMTODAY.COM, Batam - Meskipun tiket untuk tanggal 2 dan 4 Juli dengan tujuan Belawan, Medan, ludes terjual namun tidak membuat angka pemudik Lebaran meningkat dari tahun lalu.

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Batam justru memprediksi jumlah pemudik tahun ini baik Batam-Belawan, Medan maupun Batam-Tanjungpriok, Jakarta akan turun dibanding tahun lalu.

"Jumlah penumpang lebih sedikit dari tahun lalu yang menembus angka 25.137 orang. Itu dari H-15 sampai H+15," kata Manajer Operasional Pelni Cabang Batam, Dahlan Mustofa, Selasa (14/6/2016).

Untuk tahun ini Dahlan memprediksi angka pemudik tidak mencapai 25 ribu orang, atau hanya menyentuh 20 ribu pemudik baik ke Belawan, Medan dan Tanjungpriok Jakarta.

"Prediksi tahun ini hanya 20 ribu penumpang, mudah-mudahan tercapai," tegasnya.

Penurunan jumlah pemudik itu disebapkan karena banyaknya faktor. Seperti perusahaan tutup menjadi salah satu penyebab turunnya jumlah penumpang. "Perusahaan galangan banyak tutup, otomatis banyak pekerja yang diputus hubungan kerjanya. Sehingga banyak pengangguran, angka pemudik turun," pungkasnya.

Editor: Dodo