Kebakaran Masih Menghantui Masyarakat Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Minggu | 10-04-2016 | 17:07 WIB
azman_kepala_bpk_batam.jpg
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batam, Azman. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Teriknya matahari dalam musim kemarau melanda Kota Batam, Provinsi Kepri membuat bencana kebakaran masih menghantui masyarakat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batam, Azman mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati serta tidak melakukan  tindakan ceroboh yang bisa menyebabkan kebakaran.

"Masyarakat harus berhati-hati saat berada di manapun, jangan membuang puntung rokok karena panas terik dan angin kencang membuat api muncul," ujar Azman.

Azman mengakui beberapa hari ini sering terjadi kebakaran yang terjadi di kota Batam, baik kebakaran lahan dan perumahan.

"Api akan muncuk cepat kalau cuaca seperti ini. Jadi masyarata harus berhati-hati," ujarnya.

Tidak hanya faktor musim kemarau dan membuang puntung rokok sembarangan, membakar sampah sembarangan dengan tidak sesuai prosedur juga akan mengakibatkan kebakaran hebat.

"Kalau di Batam sendiri tidak ada titik api, tetapi di imbau tetap waspada jangan bakar sampah sembarangan sekarang angin kencang," katanya.

Masih kata Azman, saat ini pihaknya cuman ada tiga mobil pemadam kebakaran dan dua mobil suplai air yang di kelolah oleh Pemko.  Serta dua posko kebakaran di Seipanas dan Sangulung.

"Harus tetap waspada, karena munculnya api kini sudah didukung dengan cuaca dan angin yang kencang," pungkasnya.

Editor: Dardani