Terorganisir, Perlu Deteksi Dini Imigran Pencari Suaka yang Masuk ke Batam
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 01-04-2016 | 13:48 WIB
imgel-iraq.jpg
Ilustrasi imigran pencari suaka yang masuk ke Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Terus bertambahnya jumlah orang asing pencari suaka yang ada di Batam menjadi perhatian serius dari DPRD Kota Batam. Hal itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Ini perlu disikapi segera untuk mengantisipasi terus bertambahnya jumlah mereka," kata Ketua DPRD Batam, Nuryanto, Jumat (1/4/2016) di ruangan kerjanya.

Lanjutnya, hal yang perlu diantisipasi adalah mengenai kesehatan dan keamanan. Pasalnya, kedatangan mereka ke Batam disinyalir telah terorganisir dan ada yang masuk melalui pesawat udara maupun jalur laut.

"Harus lebih hati-hati baik dari sisi kesehatan, keamanan dan sebagainya. Kita minta ke Imigrasi agar melakukan deteksi dini masalah itu," tuturnya.

Ia mengatakan, DPRD telah melakukan rapat koordinasi dengan Pemko, Imigrasi dan Kepolisian guna mengantisipasi terus bertambahnya orang asing tersebut dengan memutus mata rantai mereka.

"Kita sepakat akan konsultasi ke Pemerintah Pusat karena regulasinya ada di sana," ujarnya.

Adapun langkah pertama yang akan dilakukan ada dengan menempatkan mereka di satu titik, terutama yang ada di Taman Aspirasi yang merupakan lokasi pusat pemerintahan di Batam.

"Tahap awal mereka akan pindah dari Batam Centre ke Kolekta," tutupnya.

Editor: Dodo