Sanggar Sirih Junjung Toapaya Juara I Festival Tari Bintan 2024
Oleh : Harjo
Minggu | 28-07-2024 | 13:33 WIB
festival_tari_bingtan.jpg
Sanggar Sirih Junjung Kecamatan Toapaya berhasil meraih Juara Pertama dalam Festival Tari Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2024 (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sanggar Sirih Junjung Kecamatan Toapaya berhasil meraih Juara Pertama dalam Festival Tari Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2024. Dengan keberhasilan ini, maka Sanggar Sirih Junjung akan mewakili Kabupaten Bintan ke Tingkat Provinsi Kepuluan Riau (Kepri).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan, Ronny Kartika yang mewakili Bupati Bintan Roby Kurniawan saat membuka Festival Tari 2024 Tingkat Kabupaten Bintan di Relief Antam Kijang, Sabtu (27/7/2024), menuturkan bahwa Festival Tari yang diselenggarakan sekaligus memperkenalkan tarian Melayu merupakan suatu budaya yang penuh dengan kreativitas dan tak kalah menarik dengan budaya lainnya.

"Yang terbaik dari penampilan pada malam hari ini, nanti kita akan rekomendasikan untuk mengikuti Festival Tari di tingkat Provinsi" ujarnya memberi semangat pada peserta.

Dikatakannya juga bahwa Festival Tari merupakan upaya dalam mengembangkan kreativitas seni dan budaya Melayu dalam bentuk kreativitas ide dan gagasan baru terhadap perform/penampilan para penari.

Menurutnya, banyak sekali sanggar-sanggar yang memang memiliki ciri khas dalam setiap gerak dan rentak irama yang dimainkan dalam setiap penampilannya.

"Kita berpikir bahwa Bintan memiliki Sanggar Seni Tari yang sangat baik hampir di seluruh Kecamatan. Semua peserta juga menampilkan tarian yang penuh dengan ide dan kreativitas, ditambah lagi sentuhan modernisasi dalam irama dan gerakan" tambahnya.

Ajang Festival Tari 2024 Tingkat Kabupaten Bintan menghasilkan Juara 1 Sanggar Sirih Junjung Kecamatan Toapaya, Juara 2 Sanggar Sang Nila Utama Kecamatan Bintan Utara, Juara 3 Sanggar Kreasi Guru Kecamatan Mantang.

Lalu, Juara Harapan 1 Sanggar Tuah Pusaka Kecamatan Bintan Timur dan Juara Harapan II Sanggar Seri Tri Buana Kecamatan Bintan Utara.

Editor: Surya