DPRD Batam Minta FTZ Terus Diperkuat
Oleh : Ahmad Rohmadi
Sabtu | 12-03-2016 | 11:44 WIB
Nuryanto-Ketua-DPRD-Batam.jpg
Ketua DPRD Batam, Nuryanto

BATAMTODAY.COM, Batam - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Batam berharap status Free Trade Zone (FTZ) yang sudah diberlakukan di Kota Batam selama ini bisa terus diperkuat dan ditambah fasilitasnya.

Meskipun tidak dilibatkan dalam pembahasan, Ketua DPRD Batam, Nuryanto menilai bahwa hal tersebut merupakan aspirasi dari masyarakat yang ditampung oleh pihaknya sebagai lembaga wakil rakyat.

"Ini adalah permintaan dari masyarakat kita, bahwa status FTZ ini harus di perkuat tidak diganti," kata Nuryanto, Sabtu (12/3/2016).

Karena itu, politisi PDI Perjuangan itu meminta fasilitas yang sudah diterima oleh Batam tidak dihilangkan dan terus ditambah untuk kesejahteraan bagi masyarakat Kota Batam.

Sementara sebelumnya, Pansus Pengembangan Kawasan Batam DPRD Provinsi Kepri menjelaskan bahwa keputusan penting tentang status Batam yaitu tetap sebagai daerah FTZ sebagai mana selama ini.

"Segala sesuatu yang dilaksanakan BP Batam saat ini tidak ada yang berubah, yang ada yaitu penyempurnaan," kata ketua Pansus, Taba Iskandar.

Untu itu pihaknya mengusulkan empat rekomendasi ke Dewan Kawasan Nasional (DKN) terkait masa depan Batam. Menurutnya rekomendasi tersebut merupakan pemikiran Pansus yang membuat pokok pikiran untuk memberikan masukan kepada DKN dalam proses sosialisasi yang akan dilakukan pekan depan di Batam.

Adapun empat rekomendasi dari hasil rapat internal tersebut diantaranya adalah Pansus meminta adanya pengaturan mengenai kewenangan Pemko dan BP Batam diatur dengan peraturan Pemerintah.

Editor: Dodo