Ketua BPK RI Tegaskan Belum Ada Permintaan Audit Investigasi di BP Batam
Oleh : Roni Ginting
Sabtu | 12-03-2016 | 10:50 WIB
harry-azhar-aziz.jpg
Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Harry Azhar Azis.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Harry Azhar Azis mengatakan sampai saat ini belum ada permintaan untuk melakukan audit khusus di Badan Pengusahaan (BP) Batam.

"Belum ada permintaan dari Pemerintah pusat untuk dilakukan audit investigasi di BP Batam," kata Harry kepada wartawan di Hotel Harmoni, kemarin.

Ia mengatakan, saat ini BPK Pusat Anggota Keuangan Negara V memang sedang melakukan pemeriksaan laporan keuangan di BP Batam dan hal itu merupakan memeriksa laporan keuangan reguler yang dilakukan setiap tahun.

"Kalau pemeriksaan keuangan yang khusus itu enggak ada. Laporan Keuangan BP Batam memang diperiksa oleh pusat karena menggunakan dana APBN," terangnya.

Akan tetapi, lanjutnya, tidak menutup kemungkinan juga untuk dilakukan audit investigasi kinerja atau audit dengan tujuan tertentu jika memang diperlukan.

"Tidak mesti ada permintaan juga untuk lakukan audit investigasi karena kita bisa putuskan sendiri untuk melakukan itu. Tapi sejauh ini belum ada," ujar Harry.

Ditambahkannya, untuk audit keuangan investigasi sifatnya sangat rahasia dan hasilnya tidak bisa dipublikasikan ke umum. Hanya tim yang ditunjuk dan tentunya ketua BPK RI yang mengetahui. Laporan tersebut akan diserahkan ke pihak penegak hukum.

"Tim audit juga disumpah sebelum bekerja," ujarnya.

Editor: Dodo