Kebun Raya Batam Mulai Ditanami Tumbuhan
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 10-03-2016 | 15:57 WIB
kebun-raya-batam.jpg
Kebun Raya Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejumlah bibit tanaman di kebun bibit Seitemiang mulai dipindahkan oleh Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, dan Kehutanan (KP2K) Kota Batam ke Kebun Raya Batam yang berada di kawasan Nongsa.


Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Batam, Gintoyono Batong, menjelaskan, sebelum dipindahkan, KP2K Kota Batam telah mendata tanaman yang akan mengisi Kebun Raya Batam.

"Semua tanaman yang ditanam di Kebun Raya itu harus terdata, mulai dari umurnya, dan sebagainya," kata Gintoyono, Kamis (10/3/2016).

Gintoyono juga menjelaskan, pada waktu pembibitan, Dinas KP2K bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sudah mengumpulkan ratusan jenis tumbuhan. Tanaman yang terkumpul berasal dari hutan yang ada di daratan utama Kota Batam.

"Setelah itu, tanaman dikembangkan di pusat pertanian milik Dinas KP2K di Seitemiang," jelasnya.

Kegiatan tersebut, katanya, merupakan bagian dari pembangunan Kebun Raya Batam yang berlokasi di Kecamatan Nongsa. Kegiatan lain yang sudah terlaksana yakni pembangunan embung.

Kebun Raya Batam sendiri dibangun sepenuhnya menggunakan anggaran dari Pemerintah Pusat dan pembangunannya ditargetkan selesai dalam kuran waktu 15 tahun atau lebih cepat.

Sebelumnya ia juga memastikan bahwa pembangunan Kebun Raya Batam dilanjutkan, setelah pada tahun 2015 sempat terkendala masalah birokrasi terkait adanya perpindahan satuan kerja di Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

Namun, Gintoyono meyakinkan kini sudah tidak ada kendala lagi, pembangunan Kebun Raya Batam tetap dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum sehingga pengerjaannya dilanjutkan kembali pada 2016.

Editor: Dodo