Inilah Keterlibatan Oknum Imigrasi Batam Terima Sogokan Rp100 Juta
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 10-03-2016 | 14:44 WIB
oknum-imigrasi-sogokan.jpg
Z saat ingin masuk ke ruang penyidik Satreskrim Polresta Barelang. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemeriksaan yang dilakukan terhadap Z, oknum pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, ternyata berawal dari nyanyian calo yang mengurus pelepasan Warga Negara Asing (WNA) asal Singapura bernama Damar Chettri alias Sam Chettri.

Calo itu sendiri berinisial MS, dan ditangkap di Medan setelah berusaha melarikan diri pada Februari 2016 kemarin. Saat ini, MS sendiri sudah ditahan di Mapolresta Barelang.

Pengakuan MS menurut Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Helmy Santika, upayanya melepaskan WNA tidak akan berhasil tanpa bantuan Z, dengan menyogoknya.

"MS mengaku, peran Z adalah memberikan informasi bagaimana jalan masuk ke dalam ruang tahanan, serta memberikan kartu yang bisa mengakses kunci pintu masuk. Ia juga memberitahu dimana kunci ruang tahanan diletakkan pada MS," ujar Helmy.

Hasil olah TKP dan rekaman CCTv di ruang tahanan Imigrasi di Sekupang, tempat WNA ini ditahan, saat kejadian ada seorang pria menggunakan sebo masuk ke sana dan dengan mudah mengakses pintu masuk menggunakan kartu milik Z. Selain itu ia juga mencongkel dan merusak pintu masuk. Kemudian mengambil kunci ruang tahanan.

"Kita sudah mendalami dan koordinasi dengan pihak Imigrasi untuk menyelidiki pemilik kartu pengakses kunci yang digunakan MS. MS juga ditangkap di Medan dan sekarang sudah berada di Mapolresta Barelang," lanjutnya.

Dijelaskan Helmy, MS juga mengakui telah memberikan sejumlah uang untuk menyogok Z, agar membantunya melepaskan WNA tersebut.

"Bagaimana proses selanjutnya, silahkan tanya pada Kasat Reskrim," pungkas Helmy.

Berita sebelumnya, oknum pegawai Kantor Imigrasi Kelasi I Khusus Batam berinisial Z diperiksa penyidik Polresta Barelang. Diduga, ia membantu kaburnya seorang tahanan Imigrasi dengan menerima uang suap Rp 100 juta, Kamis (10/3/2016).


Pantauan di Mapolresta Barelang, Z saat ini tengah diperiksa di Unit I Satreskrim. Pemeriksaan itu dilakukan sejak pukul 10.00 WIB.

"Masih kita periksa soal keterlibatannya dalam membantu tahanan Imigrasi kabur. Bisa saja nanti ditetapkan menjadi tersangka," ujar sumber di kepolisian.

Editor: Dodo