MTQ Tingkat Kota Batam Digelar April Mendatang
Oleh : Ahmad Rohmadi
Rabu | 09-03-2016 | 11:34 WIB
MTQ.jpg
Ilustrasi Astaqa MTQ di dataran Engku Putri (foto : ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan kembali menggelar Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat kota, pada pekan kedua bulan April 2016 mendatang yang diikuti peserta dari seluruh Kecamatan yang ada.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Ardiwinata menyampaikan, pelaksanaan MTQ tingkat Kota Batam direncanakan akan dilaksanakan tanggal 8 April 2016 di dataran Engku Putri Batam Center.

"Untuk MTQ tingkat Kecamatan, saat ini masih berlangsung dan akan berakhir pada pekan terakhir bulan ini," kata Ardiwinata, Rabu (9/3/2016).

Lama kegiatan sendiri, dikatakannya akan dilaksanakan selama delapan hari yang digelar siang dan malam hari. MTQ kali ini memperlombakan beberapa cabang seperti Tilawah, Tartil anak-anak, remaja, dewasa, dan tuna netra putera-puteri.

Kemudian dilombakan cabang Qiroati dewasa, Tahfidz Qur'an 1 juz, 5 juz, 10, 20, 30 juz, dan Tafsir. Selain itu juga cabang Syarhil Qur'an, Fahmil Qur'an, Khatil Qur'an putera-puteri. Serta lomba Musabaqah Makalh Qur'an (MMQ), lomba Qasidah, dan bazaar MTQ.

"Pelaksanaan MTQ ini menggunakan anggaran dari APBD Kota dengan nilai lebih kurang Rp1,5 miliar. Ketua panitia pelaksananya adalah Asisten Ekonomi Pembangunan, Pak Gintoyono," jelas Ardi

Sementara, jumlah peserta tahun ini sebanyak 552 orang yang merupakan perwakilan dari 12 Kecamatan di Kota Batam. Pemenang tiap lomba nanti akan mewakili Batam untuk MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

Sedangkan dewan hakimnya terdiri dari 164 orang. Dan diketuai oleh Sarbaini S.Ag dan akan dilantik pada 6 April mendatang. Juara umum MTQ tingkat Kota Batam sendiri sebelumnya diraih oleh Kecamatan Batuampar.
‬
Editor : Udin