Mantan Anggota TNI Jadi Bandar Narkoba

Begini Kronologis Penangkapan VD oleh Polres Barelang
Oleh : Romi Chandra
Minggu | 14-02-2016 | 09:55 WIB
tembakan_peringatan.jpg
Ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengejaran yang dilakukan jajaran Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polresta Barelang terhadap VD (30), pria bersenjata api pengedar narkoba jenis sabu, di Siang Malam Nagoya, Kecamatan Lubukbaja, Jumat (12/2/2016) siang sekitar 11.30 Wib, nyaris menelan korban dari pihak kepolisian.

Pasalnya, dalam kejadian itu, VD tidak segan-segan menodongkan senjata api miliknya ke arah petugas dan menembakannya. Beruntung, saat ia menekan pelatuk pistol kondisinya dalam keadaan terkunci, sehingga nyawa petugas terselamatkan.

Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Pol Helmy Santika, mengatakan, anggotanya mendapat informasi tentang pelaku bandar narkoba di Kampung Aceh, dan kemudian dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Saat penyelidikan, petugas melihat VD keluar dari wilayah yang dicurigai dijadikan sarang bandar mengendarai sepeda motor Yamaha RX King warna hitam BP 4000 AD.

"Anggota langsung mengikuti dan akhirnya dikejar. Saat tiba di depan Rumah Makan Siang Malam Nagoya, VD, berhasil dicegat," ujar Helmy, Sabtu (13/2/2016) petang.

Namun saat dicegat, VD, langsung megeluarkan pistol dan mencoba menembak petugas. Upayanya tersebut tidak berhasil karena pistol dalam keadaan terkunci, sehingga terjadi perkelahian tangan kosong.

Karena mendapat perlawanan, anggota terpaksa mengeluarkan tembakan peringatan ke atas, dan VD berusaha kabur.

Nasib sial yang dialami VD, ia lari ke gang buntu, sehingga membuatnya terjepit dan tidak bisa melarikan diri lagi. Beberapa polisi yang mengejar langsung membekuk dan menggiring ke dalam mobil untuk diamankan di Mapolresta Barelang.

"Tembakan peringatan terpaksa dikeluarkan anggota dan terjadi perkelahian tangan kosong, hingga akhirnya pelaku berhasil diamankan," terangnya.

Dari tangan pelaku sendiri, jelas Helmy, diamankan senjata api jenis pistol (LL) kaliber 32 mm, dan tiga butir peluru. "Untuk barang bukti narkoba, ditemukan empat paket sabu seberat 1,7 gram. Sekarang ia menjalani proses pemeriksaan selanjutnya," jelas Helmy.

Editor : Surya