Imlek, Kios Tutup Tiga Hari
Oleh : CR-212
Selasa | 09-02-2016 | 10:02 WIB
IMG_20160208_105700.jpg
Kios dan Toko di Lucky Plaza banyak yang tutup pada Imlek kali ini (Foto : Firdaus)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tahun Baru China atau Imlek 2567 adalah hari besar bagi masyarakat Tiongkok. Berbagai cara merayakan hari besar ini, seperti pesta kembang api, silaturahmi dan sebagainya.

Hanya saja, sejumlah pusat perbelanjaan tampak sepi dan bahkan beberapa kios tutup karena berkaitan dengan perayaan Tahun Baru Imlek ini.

Di Nagoya Hills misalnya, banyak konter-konter Hand Phone, toko elektonik dan kios-kios lainnya tutup. Sedangkan di Lucky Plaza, hanya sedikit kios yang buka, dari sekian banyak kios yang ada disana.

"Setiap tahun baru imlek, kios-kios memang banyak yang tutup. Biasanya konter-konter tutup dua hingga tiga hari," jelas Raka, salah seorang pedagang di Nagoya Hills, Senin (8/2/2016)

Menurut Raka, berdasarkan pengshui, tahun ini adalah tahun shio monyet api. Monyet dilambangkan sebagai seorang yang gigih dan api dilambangkan sebagai semangat yang membara.

"Jadi menurut ramalan masyarakat Tionghoa, bagi mereka yang bershio monyet, akan menemukan nasib yang baik di tahun ini," ujarnya.

Editor : Udin