Pencuri Emas di Sagulung Babak Belur Dihajar Massa
Oleh : Harun al Rasyid
Jum'at | 05-02-2016 | 13:49 WIB
maling-citra-laguna.jpg
ES saat tiba di Mapolsek Sagulung usai dihajar warga lantaran mencuri di Perumahan Cipta Laguna. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - ES (28), babak belur dihajar massa setelah kedapatan mencuri emas di rumah milik Rianti warga Perumahan Cipta Laguna, Tahap III, Blok E 1 Nomor 5, Kelurahan Tembesi, Sagulung pada Jumat (5/2/2016). 

Maling tersebut berhasil menggondol emas yang ditaksir seberat kurang lebih 40 gram. Masing-masing 4 cincin emas , 2 kalung emas, anting 2 pasang, dan handphone merek Nokia. 

Berdasarkan informasi yang didapatkan BATAMTODAY.COM, dari Sulaiman, Ketua RW 23 di perumahan tersebut, pelaku berhasil memasuki rumah Rianti dengan mencongkel jendela bagian depan dengan menggunakan obeng. Pelaku lantas mengobrak-abrik rumah yang ditinggal penghuninya ke Aviari. 

Selang beberapa menit kemudian sekembalinya Rianti ke rumahnya, didapati kondisi rumah sudah berantakan. Ketika itu, pelaku langsung kabur melewati dapur bagian belakang. Saking kaget karena aksinya kedapatan pemilik rumah, handphone pelaku terjatuh di dalam rumah korban. 

"Rianti buka pintu, malingnya kaget terus lompat keluar. Dia (pelaku, red) bilang sama tetangga Rianti namanya Bu Susi begini, saya tadi perbaiki rumah sebelah," kata Sulaiman kepada BATAMTODAY.COM, saat ditemui dirumahnya, Jumat siang.

Lanjut Sulaiman, korban langsung berteriak dan mengatakan ke Susi tetangganya itu bahwa pria yang barusan lewat adalah seorang maling. Suasana di sekitar tempat kejadian pun heboh, warga berhamburan keluar rumah dan berusaha mencari keberadaan pelaku. 

Akhirnya setelah dikepung warga, pelaku berhasil diamankan di tahap I perumahan itu. "Dia lari ke tahap I, terus dia pura-pura tidur pakai tikar, biar warga tak curiga. Langsung ditangkap warga," terangnya. 

Seketika itu, Sinambela salah satu warga sekitar mendekati pelaku dan mengamati secara dekat. Saat didekati, pelaku menyembunyikan wajahnya dan tetap pura-pura tidur seakan tak ada masalah. 

"Ini nih pelakunya. Pura-pura tidur dia, tadi lewat di jalan juga pura-pura sambil teleponan," kata Sulaiman menirukan ucapan Sinambela. 

Warga sekitar yang mulai berdatangan melayangkan bogem mentah ke arah pelaku. Beberapa pukulan yang mendarat tubuh dan wajah menyebabkan pelipis mata pelaku bagian kanan mengeluarkan darah segar. 

Di tempat terpisah, Yono salah satu warga Perumahan Cipta Laguna Tahap I mengatakan sebelum ditangkap, pelaku sempat bersembunyi di balik motor yang diparkir di halaman rumah tetangganya. 

"Saya lagi kerja perbaiki rumah, dia sembunyi disitu. Saya tak curiga apa-apa. Habis itu dia jalan keluar sambil mainkan HP," kata Yono. 

Pelaku kini diamankan polisi dan dibawa ke Mapolsek Sagulung.

Editor: Dodo