Tuntut Upah Kelompok, Buruh Batam Kepung Graha Kepri
Oleh : Ahmad Rohmadi
Selasa | 02-02-2016 | 13:18 WIB
suprapto-orasi-graha-kepri.jpg
Sekretaris Konsulat Cabang (KC) FSPMI Kota Batam, Suprapto berorasi di depan Gedung Graha Kepri. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Batam kembali menggelar unjuk rasa di depan gedung Graha Kepri, Batam Center menuntut upah kelompok kerja yang sampai hari belum diakomodir oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Sekretaris Konsulat Cabang (KC) FSPMI Kota Batam, Suprapto dalam orasinya menyampaikan bahwa pemerintah dinilai tutup mata dengan kewajibannya yang seharusnya melindungi masyarakatnya.

"Kita bukan ingin kaya tapi kita hanya ingin hidup layak, selayaknya orang hidup," kata Suprapto, Selasa (2/2/2016).

Suprapto juga menjelaskan bahwa pihaknya akan terus menuntut kepada penjabat Gubernur Kepri agar upah kelompok segera di-SK-kan sesuai rekomendasi dengan Dewan Pengupahan Kota Batam.

Karena menurutnya upah kelompok merupakan betuk upah berkeadilan sesuai dengan tingkat risiko yang dihadapi oleh para buruh. "Kan tidak mungkin karyawan toko gajinya disamakan dengan galangan kapal yang risikonya lebih (tinggi)," jelasnya.

Jika Penjabat Gubernur Kepri tidak mengindahkan apa yang menjadi tuntutan buruh, Suprapto menegaskan pihaknya akan menurunkan masa yang lebih banyak.

"Kalau hari ini tetap tidak ada keputusan, besok kita akan turun langsung di kantor Gubernur Kepri Tanjungpinang," jelasnya.

Sampai pukul 12.30 WIB para buruh masih menduduki kantor Graha Kepri dengan mendapatkan kawalan ketat personel dari Kepolisian. Sementara arus kendaraan di depan Graha Kepri menuju Simpang BI dialihkan.

Editor: Dodo