Rudi Sidak, Calo Sebut Akte Lahir Aman e-KTP Susah
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 20-01-2016 | 15:47 WIB
IMG_20160120_132913.jpg
Saat Wakil Walikota Batam, Rudi melakukan Sidak di Disduk Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Walikota Batam, Rudi SE melakukan sidak di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Jl Ir Sutami, Sekupang, Rabu (20/01/2016).


Kedatangan Rudi, membuat kaget petugas Disduk Batam maupun masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan di kantor tersebut. Dengan mengenakan kemeja putih dipadu dengan celana warna biru, Rudi langsung melihat fasilitas publik tersebut.

Bahkan, Walikota Batam terpilih priode 2016-2021 ini langsung mengkroscek kepada warga yang tengah duduk di ruang tunggu di depan alat perekaman e-KTP.

"Ngurus apa? Sudah berapa jam mengurus. Bayar tidak, kalau bayar langsung lapor saya," ujar Rudi kepada warga tersebut.

Dalam sidak tersebut, Rudi tidak mendapatkan keluhan dari masyarakat dalam pengurusan e-KTP. Namun proses yang lambat masih menjadi persoalan.

"Kalau bisa dipercepat, bagaimanapun itu caranya. Jadi masyarakat tidak perlu lama menunggu di sini," kata Rudi kepada Kabid e-KTP Heryanto Yusuf.

Setelah mengecek proses perekaman e-KTP, Rudi langsung bertanya bagaimana proses pengurusan akte lahir. "Akte lahir aman pak, e-KTP saja yang susah," teriak salah satu calo yang tidak digubris oleh Rudi.

Lantas, Rudi langsung bergegas ke ruang pembuatan akte lahir. Namun tidak satu pun kendala yang dikeluhkan warga.

"Semua aman, tidak ada kendala, saya akan terus melaksanakan sidak dil ayanan publik termaksut kantor BPN," kata Rudi kepada wartawan.

Editor: Dardani