Hai Pak Wali, Beginilah Jalan di Sagulung dan Batuaji Saat Hujan
Oleh : Harun Al Rasyid
Minggu | 17-01-2016 | 18:35 WIB
IMG-20160117-03832.jpg
Inilah penampakan ruas jalan uturn depan Pasar Melayu direndam Banjir. (Foto: Harun Al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Curah hujan yang tinggi dan tidak adanya drainase saluran air, menyebabkan sejumlah wilayah di Batuaji dan Sagulung direndam banjir. 


Seperti hujan yang terjadi pada Minggu (17/1/2016) sekitar pukul 14.30 WIB.  Jalan di depan Simpang Base Camp Sagulung, putaran jalan menuju Pasar Melayu Batuaji, dan juga jalan Marina City tepatnya di depan perumahan Dapin Primer, Batuaji, banjir setinggi lutut orang dewasa. 

Luapan air di pinggir jalan itu menggenangi ruas jalan tersebut terjadi bukan kali ini saja. Setiap musim penghujan tiba, di ruas jalan ini selalu saja menjadi daerah rawan banjir. Oleh karena drainase yang tidak berfungsi akibat dipenuhi tumpukan sampah. 

Seperti yang terlihat di Jalan Marina City, hujan sedikit saja tempat itu sudah di genangi air. Drainase dipinggir jalan yang terlihat kecil, dan juga dipenuhi tanah menyebabkan tumpahan air hujan bebas mengalir ke badan jalan. 

"Tempat ini memang rawan banjir. Kalau lewat sini, mending tunggu dulu sampai banjirnya surut. Bisa rusak motor kita," tutur Ali Sahirin salah satu warga Tanjung Riau yang melewati jalan ini. 

Pantauan BATAMTODAY.COM, di kawasan lain seperti Simpang Base Camp dan putaran jalan Pasar Melayu. Dua titik jalan itu berbentung cembung dan badan jalan lebih rendah dibandingkan dengan konstruk pinggir jalan. Lebih parahnya lagi, dipinggir jalan simpang Pasar Melayu tidak terdapat drainase sehingga lupan air terus saja mengalir dan menggenangi badan jalan. 

"Jalannya bagus, tapi tidak ada gotnya, makanya air genang di sini. Gak bisa ke mana-mana," kata Andi salah satu pedagang bensin di depan jalan Pasar Melayu. 

Andi mengharapkan adanya perhatian Pemerintah Kota Batam agar segera membenahi drainase sehingga tidak lagi mengalami kebanjiran. Jika saja dibiarkan, lamban laun jalan itu akan terkikis, rapuh dan rusak. 

"Mudah-mudahan cepat diperbaiki. Sesuai dengan program kerja Wali Kota Pak Rudi memperbaiki drainase," harapnya. 

Editor: Dardani