Waspadai Arus Kencang di Lingga dan Anambas
Oleh : Hadli
Minggu | 17-01-2016 | 15:50 WIB
headline.jpg
Angin dan gelombang tinggi di Perairan Kepri. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Batam menghimbau kepada penguna tranpostrasi laut di Kepulauan Riau (Kepri), khususnya wilayah perairan Lingga, Anambas dan Natuna agar tetap berhati- hati pada tinggi gelombang dan arus kencang. 


"Untuk aktivitas kelautan dihimbau agar lebih berhati-hati terhadap gelombang laut yang cukup tinggi di perairan Natuna dan Anambas serta arus laut yang cukup kuat terutama di wilayah perairan Lingga, dan Anambas," kata Kepala Stasiun BMKG Batam Philip Mustamu, Minggu (17/1/2016). 

Berdasarkan data BMKG Hang Ndim Batam yang diperoleh media ini tinggi gelombang di perairan Natuna dan Anambas saat ini mencapai 2 meter. Untuk laut Batam, Bintan, Tanjung Pinang serta Karimun ombak setingi 1 meter. 

Untuk kecepatan arus laut di Lingga dan Anambas masing-masing 40 centimeter per detik. Batam, Krimun 15 centimeter per detik. Untuk Bintan, Tanjung Pinang dan Natuna masing masing 25 centimeter per detik. 

Hal tersebut dikarenakan adanya pola belokan angin yang terbentuk di atas wilayah Kepulauan Riau menyebabkan terjadinya perlambatan kecepatan angin yang berpotensi pada penumpukan  massa udara.

"Hal tersebut mendukung dalam proses pertumbuhan awan. Nilai kelembapan udara yang cukup tinggi di lapisan atas juga menambah potensi pertumbuhan awan-awan konvektif. 

Situasi prakirawan cuaca wilayah Kepri oleh Stasiun BMKG Hang Nadim Batam ini selama dua hari, Minggu dan Senin (18/1/2016).

Editor: Dardani