BP Batam Bantah Siemens akan Hengkang
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 15-01-2016 | 13:08 WIB
Purnomo-Andiantono.jpg
Purnomo Andiantono, Direktur Humas dan Pemasaran BP Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Perusahaan elektronik PT Siemens di Batam dikabarkan akan mengalihkan pengerjaan beberapa proyeknya ke Tiongkok dengan alasan fasilitas dan birokrasi yang lebih mudah.

Akan tetapi hal tersebut langsung ditampik oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam. Purnomo Andiantono, Direktur Humas dan Pemasaran BP Batam mengatakan bahwa sampai sekarang mereka belum ada menerima informasi tersebut.

"Sampai sekarang kita belum ada menerima informasi PT Siemens akan pindah ke Tiongkok," kata Andiantono, Jumat (15/1/2016).

Ia menjelaskan, PT Siemens berpusat di Singapura. Dimana mayoritas karyawan berstatus kontrak karena subkon semua. Selain di Batam, perusahaan tersebut juga mendapatkan order di Filipina.

"Kecil kemungkinan PT Siemens akan berpaling dari Batam. Hal itu dikarenakan upah di Tiongkok jauh lebih mahal dibandingkan Batam," terangnya.

Lalu ia meminta agar masyarakat, khususnya para pekerja, dapat mengedepankan rasa aman dan nyaman sehingga investor tetap tertarik menanamkan modalnya di Batam.

"Kalau masyarakat menciptakan rasa aman dan nyaman, investor akan bertahan bahkan bertambah untuk menanamkan modalnya," uja Andiantono.

Editor: Dodo