Pemko Batam Bangun Masjid Agung Batuaji Tahun Ini
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 15-01-2016 | 10:37 WIB
gintoyono.jpg
Asisten II Pemko Batam bidang Ekonomi Pembangunan, Gintoyono Batong.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pembangunan Masjid Agung II di Kecamatan Batuaji, dengan di atas lahan sekitar empat hektare direncanakan akan mulai kerjakan pada tahun ini dengan membangun awal kontruksi dasar.

Pemerintah Kota Batam mengucurkan dana Rp 20 miliar untuk melakukan pekerjaan kontruksi dasarnya tersebut dan diperkirakan untuk merampungkan pembangunannya, akan menelan dana sekitar Rp120 miliar dari APBD tahun jamak.

Asisten II Pemko Batam bidang Ekonomi Pembangunan, Gintoyono Batong menjelaskan kawasan masjid nantinya akan dibangun juga sarana dan prasarana lainnya, seperti LPTQ lengkap dengan mess para murid, Islamic Center dan lainnya.
 
"Masjid tersebut didesain untuk menampung sekitar 10 ribu jemaah. Bila digabung dengan halaman yang ada nantinya, bisa mencapai 20 ribu orang," kata mantan Kadistako Batam tersebut, Jumat (15/1/2016).

Dijelaskannya bahwa desain masjid dibuat mengadopsi gaya masjid di Turki. Namun tak menghilangkan unsur ornamen Melayu. Menara masjid rencananya akan dikombinasikan dengan model Masjid Penyengat di Tanjungpinang. Selain itu, di kompleks masjid ini rencananya dibangun menara pandang.

Editor: Dodo