Bom Meledak di Ibu Kota, Brigjen Sam Budigusdian Bergegas Kembali ke Batam
Oleh : Hadli
Kamis | 14-01-2016 | 20:24 WIB
IMG_20160114_161235_1-01.jpeg
Kapolda Kepri, Brigjen Pol Sam Budigusdian ditemani Kabag Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam saat memantau situasi Bandara Hang Nadim Batam (Foto : Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepri, Brigjen Pol Sam Budigusdian mengajak semua instansi pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat agar lebih meningkatkan kerja sama dalam bidang keamanan dan kenyamanan masyarakat.


"Perlu kiranya saling memberikan informasi kepada pihak kepolisian, apabila ada diketahui atau dijumpai hal-hal yang mencurigakan yang akan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat," ujarnya saat memantau situasi Bandara Internasional Hang Nadim Batam.


Sebelumnya, Brigjen Pol Sam Budigusdian bersama rombongan jajaran Polda Kepri pagi tadi mengunjugi Pulau Penyengat, Tanjungpinang Ibu Kota Provinsi Kepri. Namun Jendaral bintang satu itu langsung bergegas kembali ke Batam, karena terjadi peristiwa serangan bom dan baku tembak di Sarinah Jakarta Pusat.

Sam Budigusdian langsung memerintahkan dan mengarahkan seluruh Kapolres di jajaran Polda Kepri untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan. Intruksinya siaga I, pengamanan objek vital guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Selain itu, pengamanan Mako Polri dan Pos-Pos Polisi jajaran Polda Kepri wajib selalu ditingkatkan kewaspadaannya. "Tingkatkan deteksi dini, terkait kirka intelijen di wilayah Polda Kepri. Tingkatkan volume patroli di wilayah-wilayah yang dianggap rawan timbulnya suatu kejadian tindak pidana dan kemacetan lalu lintas," tuturnya.

Selian itu, anggota polri diwajibkan segera melaksanakan Operasi Cipta Kondisi di pelabuhan-pelabuhan, Bandara serta lakukan razia kendaraan, orang maupun barang. Baca: Polda Kepri Siaga I Pasca-Ledakan Bom di Sarinah

"Semua anggota Polri dalam melaksanakan tugas dilapangan harus peka dan tanggap terhadap situasi dan kondisi kemungkinan yang akan terjadi agar sesegera mungkin dapat melakukan tindakan kepolisian, supaya tidak terjadi hal-hal yang merugikan masyarakat yang akan menimbulkan korban jiwa maupun harta benda," tuturnya.

Di Batam, Kapolda bersama rombongan langsung terjun ke Polresta Barelang guna memberikan arahan kepada seluruh angota Polri. Sebelum memantau situasi Bandara Internasional Hang Nadim, ia bersama rombongan memantau situasi pengamanan di Nagoya Hill, kemudian dilanjutkan ke Mega Mall dan Pelabuhan Internasional Batam Center.

Dia mengimbau kepada masyarakat Kepulauan Riau untuk tidak terlalu resah atas kejadian ledakan yang terjadi di depan pusat perbelanjaan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Editor: Udin