Persiapan UN Online di SMKN 05 Batam Sudah 100 Persen
Oleh : Harun Al Rasyid
Kamis | 14-01-2016 | 17:57 WIB
IMG_20160114_132853.jpg
Ruangan Laboratorium yang dipersiapkan SMKN 05 Batam menyongsong pelaksanaan UNBK. (Foto: Harun Al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rencana Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang akan dilaksanakan secara online, ditanggapi serius oleh pihak Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 05, Batam. 


Berbagai persiapan menyongsong ujian yang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) disebut sebagai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sudah dimatangkan. 

Pihak sekolah melalui Wakil Kepala Humas, Syharil mengaku segala sarana dan prasarana yang dibutuhkan peserta UNBK, 100 persen sudah disiapkan. 

"Semua hal-hal yang dibutuhkan UNBK sudah selesai 100 persen dan SMKN 05 siap melaksanakan ujian secara online," ujar Syahril kepada BATAMTODAY.COM, di Kantor SMKN 05 Batam, Kamis (14/1/2016). 

Bahkan, sekolah yang terletak di Bukit Kamboja Dapur 12, Sungai Pelunggut, Sagulung itu sudah melakukan percobaan ujian secara online pada ujian semester V Desember 2015 lalu. 

"Kita sudah melakukan percobaan dan hasilnya bagus. Tidak ada kekurangan yang kita temui," tuturnya. 

Hari Kurnia, sebagai Proktor Utama UNBK menambahkan, sesuai dengan instruksi Kemendikbud, pihaknya sudah menyiapkan insfratuktur untuk mendukung proses pelaksanaan ujian 

Diantaranya menyiapkan 6 ruangan laboratorium sebagai tempat pelaksanaan UN Online, 161 PC komputer, dan 9 server. Dari 161 komputer, 140 siap digunakan dan sisanya 21 sebagai cadangan. Sedangkan sebanyak 9 server, hanya digunakan 7 unit dan 2 dijadikan cadangan. 

"Kapasitas komputer dan jaringan juga sudah memenuhi syarat dari pusat. Kita punya ruangan yang memadai dan alat-alat lainya siap digunakan,"tuturnya. 

Sementara terkait teknis pelaksanaan nanti, kata Hari, akan diusahakan selama dua sesi perhari. Walaupun oleh UNBK menyarankan 3 kali sesi yakni pagi, siang dan soreh. Dalam pelaksanaannya nanti sebanyak 283 siswa kelas XII SMKN 05 semua jurusan, akan dibagai 20 siswa per ruangan laboratorium. 

"Kita usahakan 2 sesi. Fasilitas kita cukup memadai, jadi gak perlu harus 3 kali,"ujarnya. 

Selain fasilitas, pihak SMKN 05 juga mengenjot siswanya dengan berbagai persiapan menjelang UN, seperti, pemantapan, kuis dan lain sebagainya 

Editor: Dardani