Sementara, Korban Longsor Bisa Tinggal di Rusunawa
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 07-01-2016 | 18:48 WIB
IMG_20160104_093028.jpg
Tanah di Bukit Kemuning yang longsor. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Korban longsor Bukit Kemuning di Perumahan Nusa Indah, Tanjung Piayu bisa menempati Rusunawa milik Pemerintah Kota (Pemko) Batam, untuk sementara waktu. Sampai dengan adanya kepastian akan keselamatan mereka ke depan.


Wakil Wali Kota Batam, Rudi mengatakan, bahwa perkembangan terakhir, proses evakuasi tanah longsor yang menimpa beberapa rumah warga di Perumahan Nusah Indah tersebut sudah selasai dilakukan.

"Untuk yang tanah hari ini sudah selesai, dan sore ini kita baru akan rapat lagi membahas solusi sementara," kata Rudi di gedung LAM, Kamis (7/1/2015).

Karena itu, untuk warga yang rumahnya sudah tidak bisa ditempati lagi atau satu blok di pinggir tersebut, Rudi jelaskan akan diberi tempat tinggal gratis di Rusunawa.


Sebelumnya, akibat bencana tanah longsor di Bukit Kemuning, Mangsang, Sei Beduk data dari Ketua RT 001/RW 22, Soni Irmen menyebutkan total rumah yang mengalami kerusakan parah ada 8 unit, rusak sedang 2 unit dan 11 rumah dikategorikan rusak ringan dan 152 jiwa dari 42 kepala keluarga diungsikan.

"Sementara yang kita data itu yang kita tulis di papan pengumuman. Kalau ada tambahan lagi, nanti kami kabari," ujar Soni saat dikonfirmasi BATAMTODAY.COM, Senin (4/1/2015). 

Mengenai keberadaan para pengungsi, kata Sony, beberapa warga memilih menginap bersama sanak famili dan hanya beberapa orang saja yang tinggal di tenda darurat. 

Peristiwa yang sempat menggegerkan itu terjadi pada hari, Minggu (3/1/2015). Akibat longsor tersebut jalan di Bukit Kemuning menuju perumahan warga pun putus total ikut longsor.

Editor: Dardani