Diduga Selewengkan Camat Seibeduk

Insentif RT RW Seibeduk Tahun 2015 Belum Cair
Oleh : Harun Al Rasyid
Kamis | 07-01-2016 | 16:09 WIB
uang.jpg

BATAMTODAY.COM, Batam - Hingga memasuki tahun 2016, dana insentif RT/RW Kecamatan Seibeduk Belum juga cair. Perangkat RT/RW menduga, dana tersebut sudah dipakai oleh Camat Sei Beduk, Sains Taufik Riyadi, untuk keperluannya sendiri. 


Informasi yang berhasil didapatkan BATAMTODAY.COM, sejatinya dana insentif sebesar Rp1.2 juta rupiah sudah harus diterima oleh masing-masing pihak RT/RW di Kecamatan Sei Beduk. Dana tersebut merupakan hak mereka selama tiga bulan terakhir periode 2015. 

Diantara empat kelurahan di Kecamatan Sei Beduk, baru Kelurahan Mukakuning yang sudah mencairkan dana insentif. Mirisnya, dana tersebut malah diperoleh dari urunan oleh pihak Kelurahan. Sementara tiga kelurahan yang belum diberikan haknya oleh Camat Sei Beduk yaitu, Kelurahan Tanjungpiayu, Kelurahan Mangsang dan Kelurahan Duriangkang. 

Ketua RW 05 Tanjungpiayu, Firdaus mempertanyakan perihal insentif yang tak kunjung dicairkan hingga sekarang. Ia membandingkan dengan kecamatan lain seperti Batuaji dan Sagulung yang sudah dicairkan oleh pihak Camat. Ia menduga dana tersebut sudah ada di Kecamatan namun ditutup-tutupi oleh pihak kecamatan. 

"Ini sudah tutup tahun, tapi masih belum cair, kecamatan lain sudah. Kelurahan Mukakuning sudah tapi dari talangan lurahnya,"ujar Firdaus, Kamis (7/1/2016). 

Lantaran tak kunjung juga cair, maka wajar saja pihat RT/RW mengeluh dan merasa kecewa. Harusnya dana itu sudah cair sebelum tahun baru, sehingga bisa digunakan untuk persiapan Natal maupun tahun baru. 

"Banyak yang kecewa, karna uang itu buat Natal dan tahun baru. Buat bantu nambah biaya sedikit-sedikit kan bisa," tuturnya. 

Dia juga mengatakan, perangkat RT/RW yang lain sudah menanyakan haknya tersebut kepada pihak Camat Sei Beduk. Akan tetapi, camat Sei Beduk selalu menghindar dan tak pernah memberikan kepastian. 

"Dari camat tak ada. Siapa yang tanggung jawab sekarang kalo begini. Ke mana dana insentif itu," ujar Firdaus, kesal. 

Sementara itu, Camat Sei Beduk, Sains Taufik Riyadi memilih bungkam. Taufik tidak menjawab panggilan telephone maupun pesan singkat yang dilayangkan pewarta kepadanya. 

Editor: Dardani