LAM Batam Gelar Doa Bersama Syukuri Lancarnya Pilkada
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 07-01-2016 | 15:55 WIB
doa-bersama-lam-batam.jpg
Ketua LAM Batam, Nyat Kadir bersama Wali Kota Batam terpilih Rudi dan Amsakar Achmad. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Batam menggelar doa selamat atas lancarnya pelaksanaan pemilihan kepala daerah 9 Desember 2015 lalu. Doa selamat dilaksanakan sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad di Gedung Nong Isa LAM, Batam Center pada Kamis (7/1/2016).

Ketua LAM Kota Batam, Nyat Kadir mengatakan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam terpilih harus mengikuti cara kepemimpinan Rasulullah SAW. Karena menurutnya, kondisi keberagaman di Kota Batam saat ini sama seperti di Madinah ketika kepemimpinan Nabi.

"Kepemimpinan nabi harus diikuti. Amanah, jujur, fathanah. Itu yang harus dijadikan rujukan untuk memimpin Batam. Keberagaman saat itu, beliau mampu membangun Madinah yang jadi rujukan negara-negara maju untuk membangun negaranya sekarang," kata Nyat.

Mantan Wali Kota Batam itu juga menilai bahwa memimpin Batam sama seperti memimpin ibukota, Jakarta. Perlu pemimpin yang tegas, keras secara positif, berani untuk memimpin supaya Batam tidak tenggelam.

"Banyak hal yang harus ditata. Dari segi ekonomi agak menurun sedikit. Tapi prestasi yang menurun sekali, ini yang harus dipulihkan" ujarnya.

Pada kesempatan itu, Nyat juga mengatakan bahwa LAM Kota Batam akan menggelar pelantikan bagi wali kota dan wakil wali kota secara adat Melayu.

"Nanti kami akan lantik dari versi Melayunya. Akan diberikan gelar Datuk Setia Amanah," kata Nyat.

Acara tersebut, diisi ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Deden Sirajuddin. Dan pada kesempatan tersebut juga dilakukan tepuk tepung tawar oleh tokoh-tokoh Melayu kepada pasangan kepala daerah terpilih.

Editor: Dodo