Polisi Batuaji Limpahkan Berkas Kasus Pembunuhan Balita ke Kejari Batam
Oleh : Harun al Rasyid
Kamis | 07-01-2016 | 14:46 WIB
polsek_batuaji.jpg
Mapolsek Batuaji.

BATAMTODAY.COM, Batam - Berkas perkara Desi (22), tersangka pembunuhan Della Adha (3), anak kandungnya sendiri, telah dilimpahkan Polsek Batuaji ke Kejaksaan Negeri Batam.

Desi ditetapkan tersangka dengan kenakan pasal berlapis, yakni pasal 80 ayat 1 dan 80 ayat 3 UU No. 35 tahun 2004 tentang perubahan UU No 23 tahun 2002 mengenai Perlindungan Anak. 

Untuk pasal 80 ayat 1 dikenai ancaman penjara 3 tahun 6 bulan dan dilapisi dengan ayat 3 menyebabkan kematian dengan ancaman 15 tahun penjara. Desi juga dijerat dengan pasal 44 UU No. 23 tahun 2004 tentang pengapusan kekerasan dalam rumah tangga.

Kapolsek Batuaji Kompol Andy Rahmansyah melalui Kanit Reskrim Polsek Batuaji Iptu M. Said mengatakan semua berkas penyelidikan terkait tewasnya balita itu sudah dilimpahkan ke Kejaksaan. 

"Berkas perkara sudah diserahkan ke Kejaksaan untuk dilakukan penelitian oleh Jaksa Penuntut Umum,"kata Said. 

Said juga menjelaskan, berkas tersebut diserahkan setelah melakukan proses penyelidikan oleh Polsek Batuaji. Bilamana nanti ada berkas yang belum lengkap, baru akan diserahkan lagi. 

"Setelah diperiksa Kejaksaan, kalau belum lengkap, baru kita lengkapi lagi," pungkasnya.

Sebelumnya, kasus ini sempat menghebohkan setelah Dl, gadis belia 3,5 tahun tewas dengan luka memar di sekujur tubuhnya, Senin (23/11/2015) sekitar pukul 16.00 WIB. Diduga, ia disiksa Ds (23) yang tak lain adalah ibu kandungnya sendiri.


Pantauan BATAMTODAY.COM, beberapa sanak saudara Ds terlihat memadati rumah duka yang terletak di Perumahan Putra Jaya Blok D No 21 Tanjunguncang. Sementara itu, Ds langsung dibawa polisi ke Mapolsek Batuaji. Sedangkan gadis cilik malang itu juga ikut dibawa ke RSOB untuk dilakukan visum.

"Ibunya itu sudah dibawa polisi tadi. Anaknya juga dibawa, kalau gak salah ke RSOB Sekupang," ungkap Rio, tetangga Ds.

Rio mengatakan, kondisi terakhir Dl sebelum dibawa ke RSOB terlihat sangat mengenaskan. Terdapat luka lebam di sekujur tubuh gadis kecil itu.

"Bekas lukanya banyak. Memar di perut, bawah telinga, pas dekat kemaluan juga ada memar biru. Kakinya juga lebam. Terus kepalanya itu bocor. Tadi matanya juga melotot ke atas gak bisa ketutup rapat," paparnya.

Beberapa kali Rio mencoba menutup mata gadis itu, tetap saja terbuka."Kasihan lihatnya bang. Tega kali ibu itu," katanya lagi.

Editor: Dodo