Selamat Datang 2016, Selamat Datang Resolusi Baru
Oleh : Redaksi
Jum'at | 01-01-2016 | 08:00 WIB
BIN_Gendut.jpg
Salah satu lokasi tempat warga Batam membakar kembang api melepas 2015. (Foto: Batamtoday.com)

JUM'AT, 00:00 WIB. Ribuan warga Batam memadati sejumlah titik strategis untuk melepas kenangan 2015 dan menyambut harapan 2016. Juga, menetap-teguhkan resolusi baru di tahun 2016. Berikut catatan pantauan BATAMTODAY.COM pada malam pergantian tahun di Kota Batam. 


Menjelang sore, hujan mengguyur rata Kota Batam. Hujan yang bersambung, reda-hujan dan hujan lagi. Inilah yang memicu sejumlah kemacetan, mulai dari di seputaran Batam Center sampai dengan di kawasan sekitar Tiban Kampung dan Batuaji Batam. 

Namun, kemacetan tidak berlangsung lama. Karena polisi sudah mengantisipasinya dengan jurus buka-tutup akses jalan. Juga, memasang tali yang menutup beberapa putaran jalan menuju Dataran Engku Putri Batam Center. 

Hingga pukul 10.00 WIB, gerimis masih juga turun menebar cemas. Jangan-jangan, hingga jarum jam menyentuh 00:00 WIB nanti hujan belum juga reda. Tapi toh gerimis tak menyurutkan warga Kota Batam bergembira menyambut 2016. Kendaraan terus mengalir menuju Dataran Engku Putri. Karena di sana ada hiburan rakyat dan pesta kembang api, yang dananya tidak bersumber dari APBD Kota Batam. Dari mana? 

Tak hanya Batam Center yang jadi pilihan melepas kenangan 2015. Ribuan warga Batam lainnya juga bergerak menuju lokasi lain, seperti Tanjungpinggir, Nagoya, Ocarina, Jembatan Barelang Batam dan beberapa lokasi favorit mereka. Ada yang membakar ikan dan jagung atau sekadar mendengar musik. Yang pasti, aura gembira begitu kentara di wajah mereka. 

Lalu, 00:00 WIB yang dinanti tiba. Langit Batam menyala. Kembang api dibakar di mana-mana. Menerangi langit Dataran Engku Putri, langit Nagoya, langit Batuaji, langit Bukit Senyum, langit Barelang... 

00:00 pun berlalu. Membawa berjuta kenangan warga Batam. Aman, tidak terjadi aksi kejahatan atau pun ancaman gangguan keamanan apa pun. Syukurlah. Terimakasih polisi. 

Lalu, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Jakarta menyatakan, malam pergantian tahun 2016 di seluruh Indonesia, aman. Hanya ada satu kasus ancaman teror bom, tapi hoax. Rakyat Indonesia riang gembira. Apalagi, warga Papua, karena tahun ini berkesempatan melepas 2015 bersama dengan Presiden Indonesia, di Raja Ampat.  

Selamat datang 2016. Selamat datang resolusi baru. 

Editor: Dardani