Malam Tahun Baru, Kendaraan Tak Boleh Parkir di Jembatan Satu Barelang
Oleh : Harun al Rasyid
Kamis | 31-12-2015 | 15:20 WIB
IMG_20151231_115504.jpg
Yonif 10 Marinir SBY Barelang mendirikan tenda dipinggir jalan, sebelum pintu masuk Jembatan I (Foto : Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim keamanan gabungan dari Marinir 10, Raider 134, Polisi, dan Direktorat Pengamanan (DITPAM) Badan Pengusahaan (BP) Batam akan melakukan "cleaning" kendaraan di malam puncak Tahun Baru 2016.

"Nanti malam tidak boleh satupun kendaraan parkir disana. Kita kembalikan fungsi jembatan sebagai tempat penyeberangan bukan tempat parkir kendaraan," ujar koordinasi anggota DITPAM Jembatan Barelang, Dwi Yanto kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (31/12/2015).

Dwi juga menuturkan, sudah melakukan koordinasi dengan pihak keamanan yang lain untuk melakukan pengamanan di Jembata Barelang. Pihak-pihak yang dimaksud yakni Marinir 10 Setokok, Raider 134, Polisi gabungan Polresta Barelang dan Polsek Sagulung, Satpol PP, dan Linmas.

Sementara itu, Kepala Pos Pengamanan Jembata I, Ipda Iwan Nopriawan mengatakan siap melakukan pengamanan pesta Tahun Baru dan sudah menyiapkan 12 anggota polisi, 10 tambahan personil dari Raider 134 dan beberapa personel dari Marinir 10.

"Anggota kita sudah ready untuk menjaga keamanan dan lonjakan pengujung di jembatan satu. Kita juga sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk membantu pengamanan," katanya. 

Untuk keamanan pengunjung di jembatan satu itu, akan dilakukan patroli secara 'mobile' dengan beberapa pihak keamanan yang lain. Sebab Iwan yang juga menjabat sebagai Kanit Reskrim Polsek Sagulung ini memprediksi, lonjakan pengunjung akan lebih besar pada Jum'at (1/1/2016). Dimana masyarakat akan berbondong-bondong menuju ke tempat wisata lainnya setelah jembatan satu.

Apalagi di jembatan satu ini tidak di ijinkan untuk pesta kembang api, sehingga saat malam pergantian tahun, warga lebih memilih tempat-tempat yang diijinkan untuk melakukan pesta kembang api. "Nanti malam belum terlalu ramai, belum ada ijin juga untuk kembang api. Keesokan harinya baru banyak pengunjung," ujar Iwan.

Pantauan BATAMTODAY.COM, ditempat yang sama beberapa anggota Batalyon Infanteri (Yonif) 10 Marinir/Satria Bumi Yudha (SBY) Barelang juga mendirikan tenda dipinggir jalan, sebelum pintu masuk Jembatan I. Selain ikut menjaga keamanan di malam Tahun Baru, pasukan Marinir ini juga membuat acara untuk memeriahkan pergantian tahun.

"Selain buat acara, kita fokuskan pengamanan di Jembatan I. Kita tempatkan anggota di jembatan berbaur bersama warga. Untuk menjaga keamanan dan ketertiban," ujar Letnan Satu Marinir Hendri selaku ketua pengamanan dan ketua kegiatan 'Pesta Tahun Baru Marinir Bersama Rakyat'

Editor: Udin