Pengamanan di Bandara Hang Nadim Batam Ditingkatkan
Oleh : Hadli
Rabu | 25-11-2015 | 17:12 WIB
bandara_hang_nadim_baru.jpg
Bandara Hang Nadim Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengamanan di Bandara Hang Nadim Batam terus diperketat sesuai dengan instruksi dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

"Pengawasan terus kami lakukan, terutama pada pintu-pintu masuk bandara dan berkoordinasi dengan Ditpam BP Batam serta pihak kepolisian," kata Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Rabu (25/11/2015). 

Standar pengamanan Bandara Hang Nadim, kata dia selama ini sudah diterapkan. Dengan instruksi tersebut, pengamanan lebih ditingkatkan agar keamanan lebih steril. 

"Selama ini prosedurnya sudah ada. Tapi terus ditingkatkan sesuai prosedur yang berlaku terkini," ujarnya. 
    
Kata dia, Batam merupakan wilayah terdepan NKRI yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Dengan demikian, banyak yang masuk Batam melalui laut dan melanjutan penerbangan ke beberapa wilayah di Indonesia melalui udara. 

"Makanya kami juga berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang pada pintu masuk itu. Agar seluruh penumpang yang melalui Hang Nadim benar-benar steril," kata dia.

Peningkatan pengawasan, tambah Suwarso, juga sebagai bentuk antisipasi terhadap segala kemungkinan yang terjadi terhadap keamanan yang ada di bandara. 

Dirjen Perhubungan Udara telah menginstruksikan kepada penyelenggara bandara baik yang dikelola Kemenhub maupun BUMN, LPPNPI, Regulated Agent, Aircraft Catering, Aircraft Cleaning Service dan Aircraft Maintenance Service untuk meningkatkan kondisi keamanan penerbangan.

Pengelola wajib mengikuti Airport Security Programme yang berlaku pada masing-masing bandara, dan melaksanakan pemeriksaan keamanan terhadap kendaraan yang akan masuk ke bandara secara acak.

Untuk Bandara Hang Nadim Batam dikelola langsung oleh BP Batam, tidak seperti bandara kebanyakan yang dikelola PT Angkasa Pura. 

Editor: Dodo