Guru SMK Kolese Tiara Bangsa Tak Canggung Jadi Petugas Upacara
Oleh : Ahmad Rohmadi
Rabu | 25-11-2015 | 16:10 WIB
upacara-hgn-kolese.jpg
Para guru mengibarkan bendera Merah Putih dalam upacara bendera memepringati Hari Guru Nasional di SMK Kolese Tiara Bangsa, Batam. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM - Upacara bendera di sekolah, merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para siswa, terutama untuk menjadi petugas upacara. Namun bagaimana, jika para guru yang menjalankannya?

Pemandangan inilah yang terlihat di SMK Kolese Tiara Bangsa, Batam saat peringatan Hari Guru Nasional yang diperingati pada Rabu (25/11/2015). Para guru, termasuk sang kepala sekolah, tak canggung menjadi petugas upacara.

Ada yang menjadi pemimpin upacara, pengibar bendera Merah Putih protokol, pembaca UUD 1945, pembacaan sumpah guru, kode etik guru, doa dan bahkan paduan suara.  
"Semua guru ikut berpartisipasi dalam peringatan Hari Guru Nasional pada tahun ini," kata Enjang Suhaedin, S.Pd, selaku Kepala SMK Kolese Tiara Bangsa. 

Setelah pelaksanaan upacara bendera, dilanjutkan dengan pemotongan kue yang diiringi oleh kelompok marching band sekolah tersebut. Tak ketinggalan, ada penyerahan hadiah dari siswa kepada guru sebagai bentuk apresiasi.

Selain upacara bendera, berbagai acara diadakan di SMK Kolese Tiara Bangsa dalam memperingati Hari Guru Nasional ini. Sebagai pengembangan dari budaya Melayu, acara diawali dengan final pantun untuk siswa kelas XI. Mereka menciptakan pantun dalam waktu 30 detik, berdasarkan tema yang sudah dipersiapkan oleh panitia.

Selanjutnya diadakan perlombaan antar guru, yaitu lomba estafet bola, membawa kelereng mengunakan sendok dan dilanjutkan dengan acara KTB Pintar, dimana guru menebak sebuah kata yang diarahkan oleh siswa.

"Ada juga perlombaan futsal serta pemilihan guru terfavorit, terdisiplin dan terhumoris," kata Enjang didampingi Ice Desvikayati, S.Psi, selaku Wakasek Bidang Kesiswaan.

Editor: Dardani