RT Kampung Cunting Bantah Deri sebagai Warganya
Oleh : CR12
Kamis | 08-10-2015 | 14:46 WIB
IMG00015-20151007-2030-2.jpg
Inilah Deri saat digelandang ke Mako Polresta Barelang. (Foto: Harus Al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Rukun Tetangga (RT) 002 Kampung Cunting, Batuaji Batam, Muhammad Yusuf (42) membantah kalau Deri (15), pelaku yang membawa kabur Salsabilla Anisa Rusdi alias Caca, sebagai warganya. Yusuf beralasan, tidak ada laporan pemilik kos kepada pihak RT terkait adanya anggota baru yang menjadi warga RT 002. 

"Saya tidak tahu dengan anak itu (Deri). Dengar namanya saja baru sekarang. Saya pastikan dia bukan merupakan warga Kampung Cunting. Sebab tidak ada laporan adanya warga baru yang masuk ke sini. Pemilik kos juga tidak lapor kalo ada anak kos yang baru masuk," kata Yusuf kepada pewarta Kamis, (8/10/2015).

Ketua RT asli Aceh itu menyesali ulah pemilik kos yang tidak melaporkan adanya warga baru yang masuk ke wilayahnya. Padahal, menurut peraturan RT yang berlaku, setiap tamu yang baru harus melaporkan kepada pihak RT 1 kali 24 jam. Yusuf merasa terpukul dan malu ketika  ada kejadian yang menimpa warga yang tanpa sepengetahuan dia.

"Peraturan di sini sudah jelas bahwa tamu harus lapor. Tapi ini tidak malah saya saja tidak mengetahui adanya kejadian ini. Sebagai ketua RT saya malu dan merasa terpukul," ujarnya dengan nada agak keras.

Menindaklanjuti peristiwa ini, Yusuf mengatakan akan kembali mendata seluruh warga Kampung Cunting, baik yang lama maupun yang baru. Bilamana menemukan warga yang tidak mempunyai identitas yang jelas, ia akan mengusir dari kampung tersebut.

"Ke depan saya cek lagi dan saya akan perketat. Baik yang warga baru maupun warga lama akan kita data. Kalo yang tidak punya identitas akan saya usir," tegas Yusuf.

Di tempat yang sama, keberadaan Deri yang baru di Kampung cunting juga diakui Milan (19) tetangga samping kos tempat tinggl Deri. Warga asli Flores Nusat Tenggara Timur (NTT) mengatakan bahwa ia baru melihat Deri dalam beberapa hari ini.

"Kayaknya baru dia (Deri) bang, soalnya saya baru nampak dia beberapa hari ini. Kalo umpamanya dah lama, berarti saya udah kenal siapa dia. Sebelumnya tidak ada anak-anak seperti dia di daerah sini," ujar Milan.

Hal senada disampaikan Lisye (32) yang mengatakan baru melihat remaja tersebut sekitar 1 minggu lewat ini. Menurutnya, dirinya baru melihat Caca (Salsabila) sekitar 3 hari yang lalu.

"Kalo cowok itu saya dah liat satu minggu belakangan ini. Dia anak baru di kampung sini. Kalo cewek itu (Caca) sekitar 3 hari yang lalu lah. Itu saya lihat dia duduk di depan teras rumah," tutur wanita asal Kupang NTT tersebut.

Editor: Dardani