Permintaan Daging Ayam Per Hari di Batam Capai 35 Ribu Ekor
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 15-09-2015 | 12:40 WIB
daging ayam.jpg
Ilustrasi. (Sumber foto: Vemale.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebutuhan daging ayam per hari di Batam saat ini mencapai 35 ribu ekor. Dari total demand tersebut, 80 persen dipasok oleh peternak ayam di Pulau Batam sendiri. 

"Peternak kita di Batam banyak, contohnya di Barelang. Sehingga Batam hidup mandiri untuk komponen daging ayam. Karena dari jumlah tersebut 80 persen dari pertenak di Batam," ujar Sri Yuneli, Kabid Peternakan Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Kehutanan (KP2K) Kota Batam, Selasa (15/09/20 15) 

Sri menambahkan, meski hanya 20 persen supply kebutuhan daging pangsa pasar dipasok dari luar. Namun KP2K Batam terus mengingatkan para peternak di Batam agar tetap memerhatikan tata cara pemeliharaan dan perawatan ternak, agar terhindar dari virus. Karena Batam termasuk dalam katagori endemik penyakit ayam. "Batam ini termasuk kategori endemik dari penyakit ayam. Dulu peternak kita juga pernah terserang burung. Tapi sekarang sudah ternetralisasi," papar Sri Yuneli.

Saat ini, kata Sri Yuneli lagi, hampir 90 persen pertenak ayam berada di Pulau Barelang. Hal itu dikarenakan penyesuaian tempat dan kriteria hidup hewan yang lebih baik. "Lingkungan di sana sesuai, jadi hampir seluruhnya mereka beternak di sana," pungkasnya. 

Editor: Dardani