Tunggu Finalisasi dari Kemenhub, Bandara Hang Nadim Bakal Sepenuhnya Dikelola BP Batam
Oleh : Hadli
Senin | 07-09-2015 | 12:26 WIB
bandara-hang-nadim-appron.jpg
Bandara Hang Nadim Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam menunggu penyerahan sepenuhnya pengelolaan Bandara Hang Nadim Batam menjadi Badan Usaha Bandar Udara (BUBU). 

"Masih dalam tahap finalisasi dan tinggal menunggu gong dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan BP Batam saja," kata Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso, Senin (7/9/2015). 

Fasilitas Bandara Hang Nadim saat ini dikelola Batam BP Batam bersama Kemenhub. Proses pengalihan saat ini sudah mencapai 90 persen. Setelah rampung, sudah tidak lagi mengikuti tarif yang diatur oleh Kemenhub. 

"Kalu sudah resmi berstatus BUBU dari BP Batam, kami akan memiliki wewenang dalam penentuan tarif di Hang Nadim. Jadi kami bisa mengembangkan sesuai dengan kebutuhan dengan lebih cepat," ujarnya.  

Pertengahan tahun 2014 lalu, pemerintah menerbitkan peraturan tentang penyelenggaraan Bandara Hang Nadim yang menjadi landasan hukum bagi BP Batam secara penuh sebagai badan yang berhak mengelola bandara itu di kawasan FTZ.

Kebijakan tersebut juga berdampak pengalihan aset Kemenhub ke BP Batam, pengalihan status kepegawaian UPT Kemenhub dan pencabutan Keppres No.78/1995.

Bandara Hang Nadim yang nantinya berstatus bandara utama juga akan menjadi percontohan pengelolaan secara mandiri, karena selama ini rata-rata bandara besar di Tanah Air dikelola oleh PT Angkasa Pura.

Editor: Dodo