Kebakaran Hutan di Sekitar Bandara Hang Nadim Ganggu Penerbangan
Oleh : Hadli
Rabu | 02-09-2015 | 18:23 WIB
kebakaran-hutan-bandara.jpg
Petugas PBK BP Batam berjuang keras memadamkan api yang melahap hutan sekitar Bandara Hang Nadim.

BATAMTODAY.COM, Batam - Hutan yang berada di sekitar Bandara Hang Nadim Batam terbakar. Akibatnya penerbangan sejumlah tujuan mengalami gangguan, Rabu (3/9/2015). 

Pantauan di lokasi, terlihat asap mengepul dari titik api sekitar pukul 14.00 WIB. Kabut asap mulai membesar dan menyebar hingga di titik landasan runway Bandara Hang Nadim Batam. 

"Asap dan titik api sudah dekat di runway, tentunya sudah mengganggu penerbangan," kata Chairmin, salah satu petugas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (BPK) BP Batam, sekitar pukul 16.00 WIB. 

Api yang berkobar cepat menyebar kedalam hutan karena tertiup angin. Sehingga petugas PBK BP Batam mengalami kesulitan memadamkan api. 

"Sulit untuk sampai ke dalam, api cepat menyebar. Harus menggunakan tambahan selang, itu juga belum mencukupi," ujarnya. 

Petugas lainnya menyebutkan, akibat kebakaran ini, lahan bandara diperkirakan terbakar lebih dari puluhan  hektar. "Ada 10 hektar lebih yang terbakar. Dari tengah sampai dekat runway," ujarnya. 

Awalnya hanya satu unit mobil PBK BP Batam yang dikerahkan untuk memadamkan titik api. Namun, karena kondisi api yang semakin menyebar, armada BPK lainnya turut di terunjukan membantu memadamkan api di sekitar runway, dekat simpang bundaran bandara-Kabil-Telaga Punggur. 

Editor: Dodo