Triathlon Internasional Sukses Digelar, Pangdam Brawijaya: Ajang Silaturahmi dan Promosi Olahraga
Oleh : Redaksi
Senin | 28-10-2024 | 12:04 WIB
Brawijaya-Sukses.jpg
Kodam V/Brawijaya sukses menyelenggarakan International Triathlon Open Tournament yang berlangsung meriah, sebagai puncak peringatan HUT TNI ke-79, Minggu (27/10/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Surabaya - Sebagai puncak peringatan HUT TNI ke-79, Kodam V/Brawijaya sukses menyelenggarakan International Triathlon Open Tournament yang berlangsung meriah.

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Rudy Saladin, mengungkapkan selain sebagai bentuk perayaan, turnamen ini juga menjadi wadah penting untuk mempererat silaturahmi antara TNI, masyarakat, dan pemerintah daerah.

"Turnamen ini tak hanya memperingati HUT TNI, tetapi juga menjadi sarana penting untuk memperkuat sinergi antara TNI dengan masyarakat dan instansi terkait," ujar Mayjen Rudy, Minggu (27/10/2024).

Menurut Pangdam, ajang triathlon ini turut menjadi media sosialisasi bagi masyarakat agar lebih mengenal olahraga triathlon. Meskipun menjadi cabang olahraga di Olimpiade, triathlon masih kurang familiar di kalangan masyarakat Indonesia.

"Kami berharap turnamen ini bisa membuat masyarakat lebih mengenal dan tertarik dengan triathlon, yang memiliki tantangan fisik tinggi dan membutuhkan ketangkasan," tambahnya.

Mayjen Rudy juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, mulai dari masyarakat, pemerintah daerah, hingga berbagai organisasi yang telah mendukung terselenggaranya turnamen ini. Ia berharap agar ajang triathlon ini bisa menjadi agenda tahunan dalam peringatan HUT TNI, sehingga popularitas triathlon di Indonesia semakin meningkat.

Partisipasi di turnamen kali ini terbilang tinggi, dengan jumlah peserta yang melampaui angka 1.000 dan menarik atlet dari berbagai negara. Turnamen ini bahkan mencatatkan kehadiran 11 atlet asal Rusia, menunjukkan partisipasi internasional yang besar.

"Ini pertama kalinya kami menggelar Triathlon Internasional berskala besar di Indonesia. Semoga turnamen ini dapat terus dilaksanakan setiap tahun dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia," ucap Mayjen Rudy optimis.

Dengan 1.090 peserta yang tercatat, ajang ini menjadi salah satu turnamen triathlon terbesar yang pernah diadakan di Indonesia. Selain sebagai kompetisi olahraga, turnamen ini juga menjadi momentum penting bagi TNI dan pemerintah daerah untuk mencari dan mengembangkan atlet potensial yang bisa menjadi generasi baru dalam olahraga triathlon di masa depan.

Editor: Gokli