Prabowo-Gibran Resmi Jadi Presiden dan Wapres Periode 2024-2029
Oleh : Irawan
Minggu | 20-10-2024 | 12:32 WIB
prabowo_dilantik.jpg
Prabowo resmi menjabat sebagai Presiden ke-8 RI dan Gibran sebagai Wapres ke-14 RI (Foto: Tangkapan Layar)

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI untuk periode 2024-2025. Keduanya dilantik dalam Sidang Paripurna MPR RI yang digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Hal itu dibacakan pada awal acara pelantikan. Prabowo dan Gibran membacakan sumpah tersebut didampingi rohaniawan yang membawa kitab suci Alquran.

"Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Prabowo.

Usai Prabowo membacakan sumpah Presiden, Gibran lantas melakukan hal yang serupa, dengan membawa naskah sumpah Wakil Presiden, didampingi rohaniawan yang membawakan Alquran.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," tutur Gibran.

Usai dilantik Presiden RI-7 Joko Widodo (Jokowi), terlihat mempersilakan penerusnya, Presiden Prabowo Subianto, duduk di kursi presiden usai mengucap sumpah jabatan di depan petinggi DPR dan MPR RI, Minggu (20/10/2024).

Demikian pula dengan Gibran Rakabuming Raka kemudian berganti kursi Wapres atau berganti posisi dengan KH Ma'ruf Amin.

Momen itu terjadi tak lama usai Prabowo mengucap janji sumpahnya sebagai Presiden RI ke-8. Prabowo memberi hormat dan membungkuk di depan mimbar ruang siding paripurna DPR/MPR RI usai menandatangani sumpah jabatan.

Momen itu disambut tepuk tangan dan sorakan meriah dari para hadirin. Prabowo lantas mendekati Jokowi dan menyalami sang pendahulunya itu di depan mimbar.

Jokowi lantas mempersilakan Prabowo bertukar kursi dengan dirinya. Prabowo pun duduk di kursi presiden yang beberapa waktu sebelum mengucap sumpah diduduki oleh Jokowi.

Prabowo dan Gibran menggantikan posisi Jokowi dan Ma'ruf Amin yang telah menjabat pada periode 2019-2024. Prabowo resmi menjabat sebagai Presiden ke-8 RI dan Gibran sebagai Wapres ke-14 RI.

Setelah itu, Prabowo menyampaikan pidato pertamanya sebagai Presiden ke-8 RI dalam Sidang Paripurna MPR tersebut.

Editor: Surya