Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Prabowo Akan Umumkan Kabinet Usai Jamuan Makan Malam Kepala Negara
Oleh : Redaksi
Sabtu | 19-10-2024 | 16:24 WIB
Prabowo-Gibran1.jpg Honda-Batam
Prabowo Subianto akan mengumumkan kabinet pada Minggu (20/10/2024) . (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua MPR RI sekaligus Sekjen Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Prabowo Subianto akan mengumumkan kabinet pada Minggu (20/10/2024) malam usai pelantikan.

Muzani menyebut Prabowo akan mengumumkan formasi kabinet setelah jamuan makan malam dengan kepala negara lain.

"Malamnya baru dinner [makan malam] kepala negara, setelah itu mengumumkan kabinet," kata dia di Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10).

Muzani mengatakan sekitar 33 perwakilan negara sahabat termasuk dari ASEAN akan menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran Rakabuming.

Dia menyebut jumlah itu merupakan angka yang fantastis dan sebuah kebanggaan.

"Tentu, ini sebuah jumlah yang sangat besar, membanggakan, dan sebuah penghormatan amat besar bagi kita sebagai bangsa," ujar Muzani.

Muzani mengatakan, usai sumpah jabatan dan pidato Presiden, Prabowo akan langsung ke Istana Merdeka untuk menerima penyambutan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pak Jokowi akan menyambut presiden yang baru dilantik," kata Muzani.

Prabowo sebelumnya telah memanggil lebih dari 100 orang untuk menduduki posisi menteri, wakil menteri, hingga kepala instansi atau badan.

Mereka yang dipanggil di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, hingga influencer seperti Raffi Ahmad.

Calon anggota kabinet itu juga sudah mengikuti pembekalan di kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor.

Usai resmi dilantik, Prabowo akan membawa para menteri dan wakilnya ke Lembah Tidar untuk menerima pembekalan lebih lanjut selama beberapa hari.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha