Dijamu Khusus Oleh Dubes Arab Saudi, Ketua DPD RI Bahas Kualitas Penyelenggaraan Haji
Oleh : Irawan
Kamis | 10-10-2024 | 15:44 WIB
sultan_dubes_arab.jpg
Ketua DPD RI Sultan Bahtiar Najamudin memenuhi undangan Duta Besar Kerajaan Saudi Arabia Faisal Bin Abdullah Al Mudi di Jakarta, Rabu (9/10/2024)

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamuddin mengaku sangat tersanjung dan bahagia saat memenuhi undangan makan malam dari sahabatnya Duta Besar Kerajaan Saudi Arabia Faisal Bin Abdullah Al Mudi di kediamannya kawasan Menteng Jakarta pada Rabu (9/10/2024).

Menjadi suatu kehormatan dan kemuliaan yang luar biasa bagi Ketua DPD yang baru saja terpilih itu saat mengetahui bahwa terdapat Imam Besar Masjid Nabawi Madinah Syaikh Ahmad bin Ali Al Hudzaifi dalam gala dinner yang hangat dalam nuansa khas negara timur tengah.

"Alhamdulillah, Masha Allah tabarokallah saya sangat bahagia dan tersanjung dengan jamuan dan tamu istimewa untuk saya dan rombongan Senator Indonesia malam ini," ujar Sultan melalui sambutan singkatnya.

Sultan lantas memperkenalkan satu persatu anggota DPD atau Senator yang turut mendampingi dirinya. Mereka adalah pimpinan Komite 3 DPD RI yang baru saja ditetapkan dalam sidang paripurna siang tadi.

"Saya perlu memperkenalkan kolega saya para Senator yang yang dalam tugasnya mengurusi masalah haji. Yang dipimpin oleh Pimpinan Komite 3 Prof. Dailami Firdaus seorang guru besar dari DI Jakarta," kata Sultan.

Sultan yang adalah pembina Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) pun bersama Dubes Faisal Mendampingi Imam Besar Masjid Nabawi untuk santap malam bersama para belasan Duta besar Negara-negara Timur Tengah lain.

Dan selanjutnya Rombongan Komite 3 DPD RI secara tertutup melakukan diskusi singkat bersama Dubes Faisal di ruangan pertemuan.

"Secara khusus kami mendiskusikan soal upaya peningkatan kualitas pelayanan haji kepada jamaah haji Indonesia. Kami berpandangan bahwa penambahan kuota haji harus diimbangi dengan peningkatan kualitas pelayanan terhadap jamaah baik dalam proses perjalanan, kenyamanan dalam tenda penginapan, kualitas makanan hingga kepulangannya ke tanah air," tegas mantan aktivis KNPI itu.

Menurut ketua Ambasador Club Indonesia itu, kenyamanan jamaah haji selama berada di tanah suci sangat menentukan dan mempengaruhi kualitas ibadah haji. Ibadah yang membutuhkan energi dan biaya yang besar ini harus dilaksanakan secara maksimal dan mabrur.

"Oleh karena itu, kami sengaja mengajak pimpinan dan anggota komite 3 DPD RI untuk mengurai persoalan tersebut bersama sahabat saya Dubes Faisal" terangnya.

Dalam kesempatan yang hangat itu Dubes Faisal pun mengucapkan selamat atas terpilihnya Sultan sebagai ketua DPD RI. Dan dido'akan oleh Imam Besar Masjid Nabawi agar mendapatkan keberkahan dan kelancaran dalam menjalankan tugas-tugas konstitusionalnya.

Adapun Senator yang turut mendampingi gala dinner bersama imam besar masjid Nabawi Madinah adalah Ahmad Nawardi (Jawa Timur), Filep Wamafma (Papua), Prof. Dailami Firdaus (Jakarta), Dharma Setiawan (Kepri), Ustadz Zuhri (Kep. Babel), Jelita Donal (Sumatera Barat) dan seorang Senator Wanita asal Kalimantan Tengah dr. Ernie Daryanti.

Editor: Surya