Audiensi dengan DPR, Solidaritas Hakim: Kami Minta Kenaikan Gaji 142 Persen
Oleh : Redaksi
Selasa | 08-10-2024 | 18:44 WIB
Audiensi-DPR-Hakim1.jpg
SHI menggelar audiensi dengan pimpinan DPR RI. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Solidaritas Hakim Indonesia (SHI) menuntut kenaikan gaji 142 persen dalam rapat audiensi mereka dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di kompleks parlemen, Selasa (8/10/2024).

Koordinator SHI, Aji Prakoso mengatakan bahwa kenaikan tersebut telah berdasarkan hitungan, terutama karena inflasi. Dia mengaku pihaknya tak ingin muluk-muluk, misalnya seperti pegawai Kementerian Keuangan yang naik hingga 300 persen.

"Kami tidak minta 300 persen, tidak. Saya sampaikan tadi, kami hanya meminta 142 persen kenaikan," kata Aji.

Dia bilang angka itu tak muncul begitu saja. Menurut dia, ada kajian yang melatarbelakangi kenaikan tersebut, salah satunya dari inflasi.

Aji berharap usulan itu bisa diterima, maka selama ini, usulan kenaikan anggaran dari Mahkamah Agung (MA) selama ini selalu terpinggirkan dibanding lembaga-lembaga lain.

"Kalau kemudian anggarannya dari mana? Mohon maaf, MA selama ini sebagai benteng terakhir penjaga keadilan masyarakat seringkali anggarannya dipinggirkan dibanding aparat penegak hukum yang lain," kata Aji.

"Tidak masuk 10 besar lembaga negara yang anggarannya besar. Berbeda dengan mogok maaf harus saya bandingkan dengan Kepolisian, Kejaksaan," imbuhnya.

Merespons hal itu, Ketua DPD Sultan Najamudin berjanji pihaknya akan membantu melakukan audiensi tuntutan para hakim. Dia mengakui sejumlah cerita yang disampaikan para hakim pada kesempatan itu cukup miris dan memprihatinkan.

Menurut Sultan, dalam audiensi itu pihaknya menangkap dua pokok aspirasi yang disampaikan para hakim, yakni kesejahteraan dan keamanan.

"Saya sih merasa, dan saya harus menyatakan bahwa memang aspirasi ini harus ditindaklanjuti dengan cepat," ucap Sultan.

Dia bilang bahwa DPD akan mengambil langkah konkret, salah satunya akan berkirim surat atau audiensi dengan eksekutif. Namun, dia meyakini aspirasi itu akan ditindaklanjuti apalagi SHI juga telah berbicara dengan presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Kami akan sampaikan juga langsung dalam waktu dekat bahwa aspirasi ini memang menjadi sangat penting," kata Sultan.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha