Plt Bupati Bintan Apresiasi Pelatihan Teknis Medical First Responder
Oleh : Harjo
Senin | 07-10-2024 | 15:24 WIB
MFR-Bintan.jpg
Plt Bupati Bintan, Ahdi Muqsith, bersama peserta Pelatihan Teknis Medical First Responder di Aula Kantor Kecamatan Toapaya, Senin (7/10/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Plt Bupati Bintan, Ahdi Muqsith, menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan Pelatihan Teknis Medical First Responder yang digelar oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang. Acara pelatihan ini berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Toapaya, Senin (7/10/2024).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Fazli, menjelaskan pelatihan ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan.

Tujuan utama pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dalam penanganan pertolongan pertama, serta menyamakan persepsi dan pemahaman bagi semua personel atau pihak yang terlibat dalam operasi pencarian dan pertolongan.

"Selain meningkatkan kompetensi, pelatihan ini juga bertujuan untuk memperkuat sinergi dan soliditas antara pemerintah, TNI/Polri, serta instansi lainnya dalam operasi pencarian dan pertolongan," kata Fazli.

Sebanyak 50 peserta dari berbagai lembaga pemerintah dan organisasi masyarakat terlibat dalam pelatihan ini, yang akan berlangsung hingga 13 Oktober 2024.

Dalam sambutannya, Ahdi Muqsith mengapresiasi penyelenggaraan pelatihan tersebut dan menilai bahwa keterlibatan masyarakat Bintan dalam pelatihan ini sangat penting. Menurutnya, pelatihan ini meningkatkan kesiapan masyarakat dalam menghadapi situasi darurat.

"Pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan profesionalisme, khususnya dalam memberikan pertolongan cepat saat situasi darurat. Ini langkah awal untuk mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan terburuk," ujar Ahdi.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam menangani situasi darurat, terutama dalam memberikan pertolongan medis awal atau Medical First Responder.

Editor: Gokli