Mitigasi Risiko Bank, Pejabat BRK Syariah Ikuti Pelatihan Aspek Hukum dari Simpul Banking Training Center
Oleh : Aldy Daeng
Minggu | 08-09-2024 | 15:04 WIB
brk_pelatihan_resiko_bank.jpg
Bank Riau Kepri (BRK) Syariah menggandeng Simpul Banking Training Center (SBTC) dalam kegiatan pelatihan aspek hukum perbankan (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Pekanbaru - Divisi Manajemen Sumber Daya Insani (MSDI) bagian Corporate Learning Center Bank Riau Kepri (BRK) Syariah menggandeng Simpul Banking Training Center (SBTC) dalam kegiatan pelatihan aspek hukum perbankan.

Pejabat eksekutif BRK Syariah yang terdiri dari Pemimpin Divisi, Pemimpin Bagian, General Manager dan Branch Manager menjadi peserta dalam kegiatan yang berlangsung, Jumat (6/9/2024) di Ruang Hangtuah Learning Center lantai 5 Menara Dang Merdu.

Direktur Operasional, Said Syamsuri dalam kesempatan itu menyampaikan pelatihan ini sangat penting mengingat perbankan memiliki peran sentral dalam perekonomian dan bersinggungan langsung dengan banyak regulasi hukum.

Dalam kegiatan operasional perbankan, berbagai aspek hukum, seperti perlindungan konsumen, pengaturan produk dan layanan, hingga penanganan kasus hukum yang melibatkan pihak ketiga, menjadi isu-isu yang krusial.

"Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam tentang peraturan hukum yang berlaku sangat dibutuhkan bagi setiap profesional di bidang perbankan. Program pelatihan Aspek Hukum Perbankan ini dirancang khusus bagi pejabat eksekutif, yang memainkan peran penting dalam membentuk strategi bank dan proses pengambilan keputusan," kata Said Syamsuri.

Adapun maksud dan tujuan dari pelatihan ini, lanjutnya yaitu untuk membekali pejabat bank dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang aspek hukum perbankan, termasuk peraturan perbankan, dan undang-undang.

Juga dapat meningkatkan pemahaman pada bidang aspek hukum perbankan agar dapat mencegah terjadinya risiko hukum (Mitigasi Risiko).

"Industri perbankan adalah sektor yang sangat diatur, dan penting bagi kita untuk selalu mengikuti perkembangan peraturan undang-undang dan peraturan terbaru untuk memastikan bahwa perusahaan ini beroperasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Manajemen berharap pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi saudara-saudara dari berbagai bidang seperti Manajemen Risiko, Kepatuhan dan Tata kelola," imbuhnya lagi.

Pelatihan ini juga dirancang untuk memupuk kolaborasi dan jaringan antar peserta, sehingga memungkinkan dapat berbagi ilmu, pengalaman dan dapat belajar satu sama lain.

Ditambah lagi, narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini merupakan praktisi profesional perbankan, DR. Surach Winarni dengan mediator tetap di LAPS SJK sejak tahun 2023

"Saya juga ingin menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para narasumber yang bersedia berbagi ilmu dan pengalamannya dalam kesempatan ini. Semoga materi yang akan disampaikan dapat menambah wawasan dan keterampilan bagi saudara-saudara semua, sehingga kita dapat meningkatkan kualitas kerja dan layanan di bidang perbankan yang lebih baik," tutupnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Direktur dari Simpul Banking Training Center (SBTC), Dyah Dwi Rahayu SH beserta tim Cunduk Bagus.

Editor: Surya